Perdagangan & Industri

Banyaknya perusahaan Industri Besar, Sedang Kecil dan Rumah Tangga mengalami penurunan 29,61% dari 233 buah menjadi 166 buah. Sebagian besar industri kecil dan rumah tangga yang ada meliputi jenis makanan, minuman dan pengolahan kayu dimana jumlah yang terbesar berada di Kecamatan Alalak dan Marabahan.

Pemerintah Kabupaten Barito Kuala sangat menyadari bahwa untuk memacu percepatan program pembangunan yang dicanangkan diperlukan kehadiran dan peran serta para investor. Dilihat dari letak geografis Kabupaten Barito Kuala secara keseluruhan, memberikan beberapa keunggulan komparatif yang sangat potensial untuk dapat dikembangkan potensi dan peluang investasi yang sangat prosfektif meliputi agribisnis, ekonomi dan perdagangan serta pariwisata.

Pemerintah Kabupaten Barito Kuala terus berupaya menarik minat investor untuk menanamkan investasinya di Kabupaten Barito Kuala. Masuknya investor ke Kabupaten Barito Kuala tidak hanya akan mampu menggerakan dan meningkatkan perekonomian di berbagai sector tetapi juga akan membuka peluang kerja bagi masyarakat serta peningkatan PAD.

Terbukanya lapangan kerja akan mengurangi dampak sosial akibat pengangguran dan kemiskinan.

Atas dasar tersebut, saat ini Pemerintah Kabupaten Barito Kuala terus melakukan perbaikan baik sarana penunjang maupun infrastruktur seperti pembangunan jembatan di Desa Rumpiang, peningkatan jalan propinsi dan peningkatan ruas jalan Kabupaten, melakukan penyederhanaan birokrasi perizinan, peningkatan pelayanan publik, iklim usaha yang kondusif, kompetitif dan non diskriminatif ,peningkatan kualitas SDM, serta penyediaan informasi melalui Website daerah ( www.baritokualakab.go.id ).

Langkah pembangunan tersebut merupakan strategi untuk menarik minat para investor menanamkan modalnya di bumi Selidah, sementara faktor keamanan bagi investor untuk menanamkan modalnya di Kabupaten barito Kuala juga menjadi perhatian pemerintah daerah dengan melakukan kerjasama pembinaan keamanan dan ketertiban daerah dengan pihak Polres Batola dan Dandim 1005 Marabahan,

Beberapa potensi dan peluang investasi di Kabupaten Barito Kuala yang dapat dikembangkan saat ini antara lain :

Pada wilayah Kecamatan Anjir Pasar, Anjir Muara, Alalak dan Mandastana, merupakan daerah pertumbuhan cepat untuk ekonomi dan perdagangan, dimana daerah tersebut terletak pada jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan Propinsi Kalimantan Selatan dan Propinsi Kalimantan Tengah. Pada wilayah ini dilihat dari aspek SDM merupakan daerah pemukiman terpadat, relatif lebih dekat dengan ibukota propinsi (Banjarmasin), dekat dengan pelabuhan laut (Pelabuhan Trisakti) dan Pelabuhan Udara (Bandara Syamsudin noor).

Dikawasan wilayah ini tersedia pasar handil bakti yang dilengkapi pasar ikan hygenis dan fasilitas internet bagi petani untuk memperoleh informasi pasar, juga diwilayah ini prosfektif dikembangkan bisnis property/real estate menengah keatas, usaha pertokoan/ Toserba/Mall karena ditunjang oleh tersedianya lahan dan kemudahan sarana transportasi/areal parkir serta infrastruktur penunjang lainnya (seperti listrik, air bersih, sarana telekomunikasi dan lain sebagainya).

Disamping itu, kawasan tersebut berada dikawasan obyek wisata nasional Jembatan Barito dan pusat pengembangan program agropolitan Barito Kuala sehingga prosfektif pula dikembangkan investasi sarana pariwisata terutama wisata rakyat, pembinaan dan pelaksanaan event-event perlombaan olahraga dayung serta sudah tersedia lahan sirkuit untuk olah raga automotif.

baritokualakab .go.id