*Dimeriahkan Tari Hambaruwan

Hari Jadi Kabupaten Barito Kuala (Harjad Batola) ke-60 yang jatuh pada Sabtu (04/01/2020), dirangkai sejumlah acara. Di antara rangkaian itu seperti digelarnya Batola Expo 2020 di seputaran Lapangan 5 Desember Marabahan.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS telah membuka Batola Expo 2020 dalam rangka Harjad Batola ke-60, Sabtu (04/01/2020) malam. Pembukaan selain ditandai pemukulan gong juga dimeriahkan penampilan fragmen tari berjudul Hambaruwan dari Sanggar Permata Ije Jela serta penampilan group musik Seventeen.

Kegiatan Batola Expo menyuguhkan kinerja seluruh rangkaian sistem pelayanan ASN bersama mitra kerja maupun instansi pemerintah, organisasi wanita, pemuda, dan masyarakat terhadap berbagai produk unggulan daerah mulai produk makanan, kerajinan, industri rumah tangga maupun potensi dan peluang investasi serta jasa layanan lainnya. Pameran pembangunan kali ini diikuti ratusan stand mulai dari SKPD, organisasi wanita, instansi vertikal, dan perbankan, pedagang usaha kecil menengah, hingga warung makan dan minuman.

Bupati Noormiliyani mengatakan, pameran pembangunan ini dilaksanakan di samping untuk memeriahkan dan menyemarakan Harjad ke-60 Batola juga bertujuan untuk menggerakan sektor ekonomi kerakyatan, memberi wadah promosi produk unggulan daerah, sarana informasi dan komunikasi serta menumbuhkan semangat bagi UKM dan usaha sejenisnya agar lebih aktif dalam berbagai usaha perekonomian dan kerajinan sehingga bisa menumbuhkan ekonomi kreaatif yang lebih maju.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu juga mengatakan, pameran pembangunan ini sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban Pemkab Batola atas berbagai program pembangunan yang telah dicapai dan secara visual ditandai dengan pameran hasil pembangunan dalam berbagai produk yang sudah dihasilkan.

Selain itu, kegiatan ini lanjutnya, juga berguna sebagai ajang hiburan menarik yang selalu ditandikan setiap tahunnya dengan menampilkan sejumlah hal menarik di setiap stand.

Untuk itu, bupati berharap, dengan adanya pameran akan menambah wawasan dan pemahaman masyarakat terhadap capaian kinerja seluruh ASN yang diharapkan mampu memacu peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama berjuang dalam membangun daerah.

Kepada seluruh peserta pameran buptai minta untuk menjaga dan memelihara kebersihan, keindahan, kenyamanan, keamanan, dan ketertiban agar semua memberi kesan dan manfaat positif bagi masyarakat. Humpro Batola