* Pasien Positif Bertambah 7 Orang

Kabar menggembirakan datang dari Kabupaten Barito Kuala (Batola). Dua pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang sempat menjalani isolasi perawatan di rumah sakit berhasil sembuh. Kedua pasien tersebut masing-masing Btl-01 yang menjalani perawatan di RSUD Abdul Aziz Marabahan dan Btl-05 menjalani peratawan di RSUD Ansari Saleh Banjarmasin.

Kedua pasien yang sama-sama berasal dari Kecamatan Wanaraya itu kini telah dipulangkan ke rumah masing-masing, Sabtu (25/04/2020) sekitar pukul 02.30 Wita siang.

Untuk pasien Btl-01 pemulangannya langsung dilepas Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola Hj Azizah Sri Widari dan Direktur RSUD Abdul Aziz Marabahan Fathurrahman. Sebelum diantar menggunakan ambulance, pasien laki-laki berusia 48 tahun beralamat Desa Roham Raya RT 009/RT 002 ini, terlebih dahulu diberikan surat keterangan sehat dari Direktur RSUD Abdul Aziz Marabahan.

Kadiskes Batola Hj Azizah Sri Widari mengatakan, setelah pulang keduanya belum bisa langsung melakukan aktivitas terutama yang memerlukan interaksi. Namun harus melanjutkan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari untuk menjaga kesehatan.

Azizah yang juga Juru Bicara (Jubir) Tanggap Darurat Covid-19 Batola mengaku bahagia dan bersyukur atas kepulangan dua pasien positif tersebut. “Dengan mengucapkan syukur kepada Allah SWT, kami menyampaikan berita baik atas kesembuhan 2 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19,” ucanya.

Direktur RSUD Abdul Aziz Marabahan Fathurrahman menambahkan, pasien Btl-01 sempat dirawat selama 15 hari. Dalam perawatan ternyata menunjukan kemajuan termasuk saat tes swap dua kali hasilnya negatif.

Dengan sembuhnya pasien Btl-01 ini, Fathurrahman berharap akan semakin memantapkan keyakinan dan kepercayaan para petugas kesehatan untuk bekerja lebih semangat. Agar pasien-pasien yang tengah dirawat bisa menyusul seperti pasien Btl-01.

Dengan pulangnya pasien Btl-01, Fathurrahman mengatakan, sisa pasien positif yang masih dirawat di RSUD Abdul Aziz berjumlah 20 orang. Ia mengatakan, jumlah ini bertambah 7 orang menyusul akan dimasukannya 5 pasien positif yang ada di karantina SKB Marabahan dan pasien yang melakukan karantina mandiri di rumah.

Menyinggung kemampuan ruangan untuk pasien positif Covid-19, Fathrrahman menyatakan, RSUD Abdul Aziz Marabahan masih memungkinkan karena selain terdapat ruang isolasi terdahulu dengan kapasitas hingga 10 orang pihaknya juga menyediakan 2 ruang baru dengan kapasitas masing-masing 14 dan 16 pasien.

Terkait dengan petugas medis, Dirut Abdul Aziz tersebut menyatakan, di setiap ruang isolasi pihaknya telah mempersiapkan petugas jaga baik perawat atau bidan yang dilengkapi dengan koordinator. Selain itu, para pasien setiap hari diperiksa oleh dokter spesialis paru.

Menyangkut Alat Pelindung Diri (APD), Fathur bersyukur yang selama ini dikhawatirkan hingga saat ini masih terakomodir baik dari yang dipersiapkan pihak rumah sakit sendiri, maupun bantuan-bantuan dari pemerintah maupun swasta.

Sementara itu berdasarkan hasil perkembangan pemantuan Covid-19 menyebutkan, pasien terkonfirmasi positif Batola bertambah 7 orang. Dengan adanya 2 orang yang sembuh ini maka hingga Sabtu (25/04/2020) pukul 12.18 Wita jumlah pasien positif masih tersisa 28 orang.

Kadinkes Hj Azizah mengutarakan, terdapatnya penambahan pasien positif Batola ini diketahui dari pemeriksaan PCR (swab tenggorokan) terhadap 17 orang yang hasilnya menyatakan 7 positif dan 10 negatif. Diduga tujuh pasien positif yang berasal dari Kecamatan Barambai ini terjadi akibat melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Ketujuh pasien positif yang terdiri dari 6 wanita dan 1 laki-laki itu masing-masing untuk wanita diberi kode Btl 24 berusia 40 tahun, Btl-25 berusia 32 tahun, Btl-27 berusia 12 tahun, Btl-28 berusia 9 tahun, Btl-29 berusia 7 tahun, dan Btl-30 berusia 26 tahun. Sedangkan 1 pasien laki-laki diberi kode Btl-26 berusia 16 tahun.

Hingga pukul 12.18 Sabtu (25/04/2020), secara keseluruhan kasus Covid-19 Batola terdiri dari Orang Dalam Pemantauan (ODP) 16 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) O, Terkonfirmasi Positif 30 orang (7 baru, lama 21, sembuh 2), dan Orang Tanpa Gejala (OTG) 81 orang.

Untuk 16 ODP masing-masing berasal dari Kecamatan Marabahan 7 orang, Bantuil (Cerbon) 1, Mandastana 2, Anjir Pasar 3, Anjir Muara 1, Semangat Dalam/Alalak 1, dan Jelapat (Tamban) 1.Sementara 81 OTG masing-masing dari Kecamatan Rantau Badauh 10, Wanaraya 7, Belawang 1, Jejangkit 1, Anjir Pasar 6, Alalak 28, Jelapat (Tamban) 1, Tabunganen 8, dan Barambai 19.