Sebagai bentuk empati terhadap penanganan dan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Dewan Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya (DPD Partai Golkar) Barito Kuala (Batola) memberikan aneka Alat Pelindung Diri (APD) dan sembako ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batola. 

Berbagai bentuk APD yang diberikan di antaranya 96 APD 8 x 12, 600 hard moist 50 x 12, 480 tissue basah 40 x 12, 144 hand sanitizer 12 pc x 12, dan 1.200 masker medis 100 pc x 12.
Selain itu juga terdapat 40 set APD biru tua, kacamata 35 buah, mesin disinfektan 1 buah, thermometer gun 4 buah, APD biru muda 15 buah, APD ponco 15 buah, masker medis 1.500, serta 3.000 paket sembako. 

Aneka jenis APD dan sembako yang diserahkan langsung Ketua DPD Partai Golkar Batola H Rahmadian Noor itu diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Batola H Abdul Manaf di Aula Selidah Kantor Bupati Batola, Jumat (05/06/2020) pagi.

Menurut keterangan, puluhan APD dan ribuan paket sembako ini dananya berasal dari bantun anggota Golkar yang berprofesi sebagai anggota DPRD dan pengusaha.

Bahkan rencananya setelah menyerahkan bantuan ini, Partai Golkar Batola juga akan memberikan bantuan kepada para pekerja seni yang tergabung dalam KMAB (Komunitas Musisi dan Artis Batola). 

Rahmadian Noor menerangkan, bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk kepedulian DPD Partai Golkar Batola di tengah keprihatinan bersama melawan penyebaran pandemi Covid-19.
“Kami berharap bantuan ini turut mendukung ketersediaan APD dalam melindungi para pejuang garda terdepan melawan penyebaran virus corona. Bagi tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, dan tim medis lainnya tentunya alat ini sangat mereka butuhkan,” ucap lelaki yang akrap disapa pak Rahmadi itu.

Rahmadi yang juga Wakil Bupati Batola ini mengaku bangga dan bahagia bisa berperan membantu ketersediaan APD serta sembako yang sangat dibutuhkan. Ia juga bangga telah melaksanakan penyaluran bantuan alat dan sembako yang dananya dihimpun dari para anggota Golkar.

Rahmadi menambahkan, selain bantuan ini, pihaknya sudah menyerahkan berbagai bantuan seperti APD lengkap di beberapa puskesmas, ribuan masker dan sanitizer, bahkan ribuan paket sembako bagi masyarakat tidak mampu dan terdampak Covid-19 di Batola. 

“Golkar mendukung penuh tindakan Tim Gugus Tugas Covid-19 Batola dalam hal memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar mantan anggota DPRD Batola itu.

Sementara itu, Sekdakab Batola H Abdul Manaf menyampaikan, ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Golkar Batola yang telah memberikan bantuan APD dan sembako. 
Ia mengatakan, bantuan yang diberikan Golkar ini memiliki nilai sangat berarti sebagai salah satu solusi menjaga ketersediaan barang. Lebih-lebih pandemi corona yang membuat keberaaan barangnya tergolong langka semua daerah membutuhkan. 

Manaf menyebut, APD dan sembako yang diberikan Partai Golkar Batola nantinya pengelolaannya akan diserahkan ke Crisis Center Covid-19. 

Ia mengatakan, Yayasan Dompet Sedekah Peduli Batola milik Pemkab Batola itu berfungsi menghimpun berbagai bantuan baik dana, sembako, APD dan lainnya dari berbagai pihak guna disalurkan kembali kepada warga yang membutuhkan yang tidak terakomodir dalam segala jenis bansos serta mereka yang terdampak covid-19. bagus/humpro