Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub/Pilwagub) Kalimantan Selatan (Kalsel) akan digelar 9 Desember 2020 mendatang. Menghadapi Pilgub/Pilwagub tersebut, berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar Apel Deklarasi Komitmen Penerapan Protokol Kesehatan, Kamis (10/09/2020).

Apel yang digelar di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batola Komplek Perkantoran Baru Marabahan ini dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Kapolres AKBP Lalu Moh Syahir Arif, Kasdim 1005/Marabahan Mayor Inf Priyo Budi Santoso, Ketua KPU Rusdiansyah, dan Ketua Bawaslu Rahmatullah Amin ini juga melibatkan para pimpinan parpol, Ketua PPK, Ketua Panwascam, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Disaksikan Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan para anggota Forkopimda, Ketua KPU Rusdiansyah bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat menggelar Deklarasi Komitmen Penerapan Protokol Kesehatan di Pilgub dan Pilwagub 2020 Kalsel ini. Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor mengimbau seluruh komponen masyarakat untuk mengawal jalannya seluruh rangkaian tahapan dalam pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 dengan sungguh-sungguh dan penuh kesadaran di tengah situasi pandemi. “Mari kita ajak seluruh saudara, keluarga, tetangga, dan warga sekitar lingkungan tempat tinggal untuk terus melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan),” ajaknya.

Dalam kesempatan itu pula, wabup juga minta dengan sangat kepada seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya menggerakan dan membangun kesadaran serta kepedulian masyarakat untuk benar-benar menggunakan hak pilih dan jangan sampai golput. “Diharapkan pesta demokrasi rakyat lima tahunan ini selain berjalan lancar, tertib, aman, dan sukses juga disertai kian meningkatnya kualitas pelaksanaan dengan bertambahnya partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilih,” harap wabup.Sebab, menurut mantan anggota DPRD Batola itu, dengan meningkatnya kualitas pelaksanaan pilkada sangat membawa pengaruh positif terhadap kelangsungan jalannya roda pemerintahan dan pembangunan selama 5 tahun ke depan demi mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata.