Selasa (17/11/2020) hari ini, memasuki hari ketiga kasus Covid-19 di Kabupaten Barito Kuala (Batola) tidak mengalami perubahan. Tidak ada penambahan pada pasien konfirmasi positif (kasus konfirmasi) maupun pasien sembuh.“Hari ini tidak ada penambahan kasus baru dan tidak ada kesembuhan pasien,” tulis Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Batola, Hj Azizah Sri Widari.

Azizah kembali menyatakan, keseluruhan kasus konfirmasi di Bumi Ije Jela ini tetap 750 orang yang terdiri dari sembuh 683 orang (91,07 persen), meninggal dunia 12 orang (1,60 persen), dan kasus aktif 55 orang (7,33 persen).

Terkait 55 kasus aktif, Azizah yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola itu menerangkan, 23 orang di antaranya menjalani isolasi mandiri serta 32 lainnya tengah menjalani perawatan di antaranya di RS Islam 1 orang, di RSUD H Abdul Azis Marabahan 2 orang, di Karantina SKB Marabahan 24 orang, dan di Bapelkes Provinsi di Banjarbaru 5 orang.

Tidak terdapatnya penambahan pasien positif ini tentu memberi kebahagiaan bagi masyarakat Batola. Namun yang agak memberi kecemasan terkait tidak terdapatnya pasien sembuh selama 3 hari berlangsung.

Terlebih jika dilihat kumulatif kasus Covid-19 yang terjadi di Bumi Ije Jela ini relatif banyak mulai dari kasus aktif yang masih berjumlah 55 orang, kasus suspek 75 orang, probable 2 orang, dan kontak erat 89 orang.“Kita doakan saja semoga tidak ada penambahan pasien positif lagi dan pasien sembuh terus bertambah hingga kasus Covid-19 di Batola benar-benar berhenti,” tutur salah seorang ASN di lingkungan Setda Batola, Lina.