Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), khususnya Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar doa bersama, Senin (30/11/2020).

Doa bersama yang digelar di sela rapat persiapan Musyawarah Daerah (Musda) X MUI Kabupaten Batola periode 2020 – 2025 yang berlangsung di Sekretariat MUI Batola Jalan Jenderal Sudirman Gang Satya (Belakang Kantor Kemenag Batola) dengan harapan Pemilu Kada Gubernur dan Wakil Gubernur berlangsung aman, damai, lancar, dan sukses.

Sekretaris Umum MUI Batola, Salapudin mengatakan, doa bersama dilaksanakan dalam upaya menyikapi seruan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dalam menghadapi pemilu serentak 9 Desember 2020.“Dalam surat seruan bernomor : 63/DP-P/MUI-KS/SR/XI/2020 tanggal 17 Desember 2020 yang ditandatangani Ketua Umum MUI Kalsel KH Husin Naparin Lc MA dan Sekretaris Umum H Nasrullah AR SPdI SH MH berisi 3 poin,” ucapnya.

Dari 3 poin seruan itu, papar Salapudin, di antaranya mengimbau kepada umat Islam di Kalsel agar kiranya melaksanakan doa bersama di semua masjid dan mushola/langgar memohon kepada Allah kiranya pelaksanaan pemilukada berjalan aman, damai, lancar dan sukses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlangsung.

Selanjutnya, kepada masyarakat di Kalimantan Selatan diimbau untuk menggunakan hak pilih sesuai hati nurani masing-masing dan menghargai perbedaan sikap dalam menentukan pilihan tanpa ada intervensi dari pihak manapun dengan praktik money politic.Selain juga, menolak segala kecurangan yang bisa mencederai nilai-nilai demokrasi yang berasaskan langsung, umum, bebas, dan rahasia.

Menyinggung kegiatan rapat, Salapudin menerangkan, dalam rangka pemantapan mengingat pelaksanaan Musda direncanakan Sabtu (05/12/2020) mendatang. “Dalam rapat pematangan ini kita membicarakan semuanya secara detil mulai hal terkecil hingga proses pelaksanaan musda,” paparnya.