Jajaran Forkopimda di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) mengikuti Kick Off Penanaman Sejuta Pohon se-Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (9/4/2021). Dihelat serempak secara virtual, Pemkab Batola mengambil lokasi penanaman di kawasan berdirinya insinerator, di Desa Sungai Pitung, Kecamatan Alalak.

Diungkapkan Bupati Batola Hj Noormiliyani, pihaknya hari ini turut berpartisipasi dalam kick off penanaman sejuta pohon bersama Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA dan 12 kabupaten/kota lainnya.

“Kita memilih lokasi di kawasan berdirinya insinerator. Saya rasa ini sudah tepat karena kawasan ini nantinya memerlukan banyak penghijauan,” ucap Noormiliyani.

Terdapat sekitar 700 bibit pohon yang ditanam dengan lokasi berbeda-beda dan masing-masing dipimpin kepala SKPD terkait. Kegiatan penanaman sejuta pohon ini secara antusias diikuti berbagai lapisan termasuk tokoh masyarakat serta organisasi.

Hamdan, Sekjen KNPI Batola yang hadir mewakili Ketua KNPI Hery Sasmita, mengatakan upaya penghijauan ini harus terus dilakukan, agar bumi tempat tinggal tetap asri. Terlebih lagi bibit yang ditanam hanya dibagikan secara gratis.

“Sebagai pemuda, kita turut berupaya mensukseskan program penghijauan ini. Karena kalau bukan kita siapa lagi,” ucapnya. (Prokopimda Batola)