Dalam upaya mendukung Program Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel), Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) ikut menandatangani kesepakatan (MoU/Memorandum of Understanding) rekrutmen Bintara Polda Kalsel.

MoU yang diselenggarakan antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel), Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalsel, dengan Polda Kalsel ini dilaksanakan di Gedung Mahligai Pancasila, Jumat (16/04/2021).

Mereka yang hadir baik dari Pemprov Kalsel dihadiri langsung Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA beserta jajaran terkait, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto beserta jajaran, Walikota Banjarmasin dan Banjarbaru beserta masing-masing Ketua DPRD, Kapolresta, Kepala Badan Keuangan, dan Kepala BKD. Sementara bagi kabupaten lainnya hanya mengikuti secara virtual via aplikasi zoom meeting di daerah masing-masing.

Bagi Kabupaten Barito Kuala (Batola) MoU diikuti Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, dan Kapolres Batola AKBP Mohammad Syahir Arif SIK, Kepala BKPP Akmad Mawarni dan Kepala BPKAD atau yang mewakili.

Penandatanganan MoU rekrutmen proaktif anggota Polri Polda Kalsel tahun 2021 ini ditandatangi Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA dan Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto serta diikuti para Bupati/Walikota serta Kapolresta/Kapolres se-Kalsel.

MoU dilakukan agar dapat menambah qouta dari Mabes Polri yang hanya terdapat 254 orang. Padahal bagi Kalsel saat ini masih mengalami kekurangan 9.877 personil polisi seiring terus bertambahnya jumlah penduduk.

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA menyambut baik kerjasama yang dilaksanakan. Menurutnya, kerjasama ini merupakan investasi dan membuka peluang kerja sebesar-besarnya bagi masyarakat Kalsel yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian banua. “Investasi dalam bidang sumber daya manusia ini bukan uang keluar namun ini dari dan oleh Kalsel dalam menjaga agar rasio kecukupan tetap kondusif dan aman,” paparnya.

Sementara itu, dari data panitia penerima anggota Polri Polda Kalsel saat ini terdapat 636 warga Kalsel yang telah mendaftarkan diri sebagai anggota Polri. Namun untuk masa pendaftaran kini diperpanjang hingga 18 April 2021 seiring telah dilaksanakannya MoU.

“Dalam kesempatan ini polri telah melakukan kesepakatan yang luar biasa dalam kaitan polda menerima anggota polri dari warga Kalsel berjumlah 636 orang. Mudah-mudahan melalui momentum ini penerimaan bisa bertambah lagi,” ungkap Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikhwanto.