Bupati Hj Noormiliyani AS melantik dan mengambil Sumpah 115 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kamis (17/06/2021). Ke-115 pejabat yang dilantik di Aula Selidah Kantor Bupati Batola ini di antaranya dokter 3 orang, perawat 9 orang, radiografer 1 orang, bidan 3 orang, fisioterapis 1 orang, nutrisionis 4 orang, perawat gigi 1 orang, apoteker 2 orang, asisten apotekar 2 orang, pengendali organisme pengganggu tanaman 1 orang, penera 1 orang, perencana 1 orang, analis kepegawaian 2 orang, dan 83 orang lainnya guru.

Di momen pelantikan ini pula Noormiliyani juga menyerahkan Satyalancana Karya Satya secara simbolis kepada 81 pejabat yang terdiri dari 52 orang telah mengabdi 10 tahun, 10 orang mengabdi 20 tahun, 19 orang mengabdi 30 tahun, termasuk Kepala Bapegdiklat Drs H Akmad Mawarni MPd. Di sela acara bupati juga menyerahkan kenaikan pangkat kepada Drs Yamani selaku Auditor Ahli Utama PNS Pemkab Batola dari Pembina Utama Madya (IV/d) menjadi Pembina Utama (IV/e).

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional tertentu ini diawali pembacaan surat keputusan, dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Bupati Hj Noormiliyani AS dan pengukuhan sumpah oleh ruhaniawan serta penandatangan berita acara sumpah. Bupati Noormiliyani mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah bagi pejabat fungsional kali ini bukan sekedar penempatan jenjang dan kepentingan tertentu. Namun yang lebih diutamakan untuk pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan terutama dalam kaitan prioritas pembangunan.

Jabatan fungsional, sebut Noormiliyani, memiliki tugas memberikan pelayanan fungsional yang berdasarkan keahlian dan keterampilan tertentu sehingga menjadi salah satu pilar penting dalam pencapaian tujuan organisasi suatu perangkat daerah. Oleh karenanya, kepada pimpinan SKPD ia harapkan dapat mendukung para pejabat fungsional dengan memberikan tanggungjawab sesuai bidang tugas jabatan yang diemban sehingga yang bersangkutan dapat bekerja dengan baik sesuai kebutuhan organisasi serta optimal dalam pencapaian angka kredit.

Menyangkut pemberian Satyalancana Karya Satya, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini menerangkan, penghargaan diberikan sebagai tanda kehormatan dari pemerintah kepada pegawai yang telah melaksanakan tugas dengan menunjukan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, serta telah bekerja terus menerus dalam jangka waktu tertentu. “Saya harapkan penghargaan ini dapat semakin meningkatkan pengabdian dan prestasi kerja saudara sekalian sehingga dapat dijadikan teladan bagi pegawai lainnya,” ucapnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Batola ini juga dihadiri Sekdakab Batola H Zulkipli Yadi Noor, Kepala Bapegdiklat Akhmad Mawarni, Kadisdik Batola Sumarji, dan pimpinan SKPD lainnya.