* Wabup Doakan Kemudahan Menjalankan Amanah

Kurang lebih 1,5 bulan menjabat, setelah dilantik Selasa (18/05/2021), Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala (Sekdakab Batola), Zulkipli Yadi Noor, genap berusia 55 tahun, Senin (05/07/2021). Diawal tugas baru selaku sekda, pak Zul (begitu ia dipanggil) menghadapi tantangan berat. Selain akibat pandemi Covid-19 yang membuat banyak pengurangan anggaran ia juga dihadapkan target penyelesaian Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Batola yang akan berakhir sekitar 16 bulan lagi, tepatnya 4 November 2022.

“Permasalahan yang kita hadapi sekarang tergolong berat. Selain adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyaknya pemotongan anggaran juga adanya rencana penerimaan 1.400-an pegawai yang membutuhkan cadangan anggaran sekitar Rp80 miliar, sementara jatah tambahan DAU Pusat hanya sekitar Rp24 miliar. Sehingga kekurangannya menjadi beban daerah,” katanya.

Di lain pihak, lanjut mantan Kepala Bappelitbang ini, RPJMD Batola 2017-2022 hanya menyisakan waktu 1,4 tahun. Sehingga membutuhkan kerja cepat terutama dalam mewujudkan visi dan misi serta merealisasikan setiap program yang direncanakan. Sehubungan dengan itu, ia memohon dukungan dan kerjasama dari seluruh ASN, khususnya jajaran Setda Batola. “Kalau dalam istilah saya kita harus gas full dan bersama-sama bekerja maksimal menyelesaikan setiap tugas dan pekerjaan. Saya yakin dengan kerja bersama yang sungguh-sungguh akan mampu memberikan yang terbaik,” pungkasnya.

Menyinggung syukuran hari kelahirannya, Zulkipli, mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas perayaan yang diselenggarakan. Meski dalam suasana sangat sederhana dan mengikuti protokol kesehatan lantaran masih pandemi Covid-19.“Sebetulnya saya tak ada rencana menyelenggarakan ini dan juga telah disampaikan agar tak usah dirayakan, namun rupanya mereka tak enak. Untuk itu sebagai apresiasi saya mengucapkan terima kasih,” ucap lelaki yang juga pernah menjabat Kadistan TPH Batola ini sembari menyatakan, dengan adanya perayaan menggambarkan diterimanya ia di jajaran Setda Batola.

Sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Batola, H Rahmadian Noor mengatakan, syukuran utlah ini menjadi pertama bagi Zulkipli Yadi Noor semanjak menjabat Sekdakab Batola. Untuk itu ia mengucapkan selamat dan diiringi doa agar selalu diberikan kesehatan, umur panjang dan berkah, serta diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan amanah.

Di mata Rahmadi sosok Zulkipli Yadi Noor baik skill maupun kepribadian merupakan orang yang sangat menghargai tahapan proses dari awal hingga akhir. Dengan bekal kepribadian ini, wabup berharap, mampu menjadikan Batola lebih baik yang setara dengan kabupaten lainnya serta mampu memberikan hasil sesuai yang diharapkan.

Sementara kepada ASN, terutama yang terdapat di lingkup Setda Batola, mantan anggota DPRD Batola ini minta untuk betul-betul melakukan penyesuaian dengan sekda yang baru ini. “Mudah-mudahan melalui tangan dingin pak Zul bisa memberikan secercah harapan menuju lebih baik. Karena bagaimana pun sekda itu ibarat seorang koki (juru masak) dalam arti enak tidaknya masakan atau cukup tidaknya suatu hidangan berada di tangan sekda. Begitu pula terhadap penghasilan dan pendapatan,” pungkasnya.

Acara syukuran ini diawali pembacaan doa serta pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada sang isteri Hj Herwina Rezeki dan Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor disaksikan para Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan SKPD, Kabag, Kasubag, dan seluruh staf.