* Tahun Depan Seleksi Dimulai Tingkat Kecamatan

Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Barito Kuala (Batola) kembali menggelar ajang bergengsi tahunan yaitu Pemilihan Atak dan Diang tahun 2021. Senin (18/10/2021), digelar audisi yang dibuka Plt Kadisporbudpar Batola melalui Sekretaris Siti Raudatul Jannah.

Pembukaan audisi juga dihadiri Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor selaku Pembina Pawadahan Atak dan Diang Kabupaten Batola, Pimpinan Cabang Bank Kalsel Marabahan Akhmad Fauzi Noor, dan undangan. Audisi yang diikuti puluhan peserta Atak dan puluhan peserta Diang ini menghadirkan para juri seperti Bidang Budaya Drs Mukhlis Maman, Bidang Kepariwisataan Tajudinnoor SPd, Bidang Pemerintahan dan Pengetahuan Umum Hery Sasmita SSTP MAP, Bidang Public Speaking Siska A Septianti SPd, dan Bidang Kepribadian Dr Rusdi Rusli SPsi MPsi.

Sekretaris Disporbudpar Batola Siti Raudatul Jannah menjelaskan, audisi Atak dan Diang tahun 2021 ini merupakan yang terakhir dilaksanakan bidang pariwisata. Selanjutnya pemilihan Atak dan Diang akan dilaksanakan bidang budaya sebagaimana yang juga dilaksanakan Dinas Kebudayaan Pemprov Kalsel terkait pemilihan Nanang Galuh. Sementara yang dilaksanakan bidang pariwisata yang berhubungan dengan pemilihan putra putri pariwisata.

“Jadi untuk pemilihan Atak dan Diang tahun 2021 ini merupakan terakhir dilaksanakan bidang pariwisata. Sedangkan tahun berikutnya bidang pariwisata hanya melakukan pemilihan putra putri pariwisata yang insya Allah dilaksanakan triwulan pertama atau awal April,” terang wanita yang akrap di sapa Bu Atul ini.

Terkait pemilihan putra putri pariwisata yang diikuti seluruh perwakilan kecamatan, Atul menjelaskan, dalam rangka untuk mempromosikan potensi-potensi pariwisata yang ada di kecamatan-kecamatan. Sedangkan audisinya, terangnya, bisa saja dilaksanakan TP-PKK kecamatan terlebih dahulu sebelum diseleksi TP-PKK kabupaten. Dengan harapan keterwakilan seluruh kecamatan terpenuhi dan berbagai kendala yang dirasakan selama ini bisa teratasi.

Di kesempatan pembukaan audisi, Sekretaris Disporbudpar ini juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat kegiatan, khusus anak-anak yang tergabung dalam komunitas Pawadahan Atak dan Diang yang dinilai berperan penting membantu pelaksanaan. Karenanya, ke depan diwacanakan komunitas ini akan dijadikan organisasi yang diisi para alumni Atak dan Diang yang keberadaan mereka merupakan orang-orang pilihan yang memiliki banyak prestasi.

Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor menyambuat positif perubahan perekrutan pemilihan putra putri pariwisata di masing-masing kecamatan.Isteri Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor ini mengutarakan, selaku Ketua TP-PKK yang sering ke desa melihat semua kecamatan memiliki potensi pariwisata yang bisa diangkat untuk dijadikan objek wisata. Hanya yang belum terjadi selama ini sejauhmana untuk bisa memberdayakan dan mempoles potensi tersebut agar bisa dijadikan sarana wisata.

“Inilah nantinya tugas kalian untuk melek terhadap potensi yang ada di wilayah masing-masing agar bisa dijadikan wisatanya kabupaten,” papar Saras kepada para peserta audisi. Sebenarnya, beber Ketua TP-PKK Batola ini, untuk menentukan potensi wisata tidak perlu terlalu spesifik seperti yang terdapat di daerah lain. Namun dirasa mengundang minat dan memungkinkan untuk dipoles dan dilengkapi itu sudah cukup. Mengingat, sebutnya, bisa saja bagi masyarakat sekitar itu biasa dan sederhana namun bagi pengunjung itu luar biasa dan unik.

Sementara menyangkut kegiatan audesi yang dilaksanakan, wanita ramah ini berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya agar memperoleh hasil kelulusan. “Harapan kami semuanya memperoleh hasil yang memuaskan. Dan jika sekiranya tidak terpilih kami harapkan untuk tidak berkecil hati namun terus mencoba, semoga di kesempatan berikutnya akan membuahkan hasil yang menggembirakan,” spiritnya.