Bupati Barito Kuala (Batola) Hj. Noormiliyani AS buka bimtek pengelolaan keuangan dan aset desa bagi Kepala Desa dan perangkat Desa se-Kecamatan Mekarsari, Kamis (19/11). Berlangsung di Hotel Rodhita Banjarmasin, acara ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas PMD Mochammad Aziz, Camat Mekarsari Hikmatullah, Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Mekarsari Arbain dan 9 Kepala Desa di Kecamatan Mekarsari.

Dihadapan 18 peserta yang terdiri dari kepala desa dan aparat desa dari 9 desa yang ada di Kecamatan Mekarsari. Bupati memyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting dalam meningkatkan kapasitas kepala desa dan perangkat desa dalam pengelolaan keuangan desa. “Besarnya dana desa yang masuk tentunya harus ditunjang dengan sumberdaya manusia yang baik pula dalam pengelolaannya, ” jelas istri mantan Bupati dua periode Batola H. Hassanudin Murad ini.

Jelasnya, satu rupiahpun dari dana desa harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Namun, Bupati meminta kepada peserta pelatihan untuk tidak takut menggunakan dana desa selama sesuai prosedur dan tidak ada niatan untuk korupsi. “Dana desa memang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin demi pembangunan desa, ” jelasnya. Pengawasan penggunaan dana desa pun kini menurut Bupati sudah semakin baik. Transaksi dilakukan secara non tunai sehingga semua transaksi keuangan bisa terawasi dengan baik.

“Permasalahan utama dalam pengelolaan aset desa adalah inventarisasi dan penatakelolaan administrasi desa serta profesionalisme sdm aparat desa, ” ungkap Noormiliyani. Dengan pelatihan ini Bupati berharap pemahaman, wawasan dan keterampilan aparat desa dalam mengelola aset desa di wilayahnya masing-masing dapat semakin akuntabel. Pelatihan sendiri berlangsung dari 19 hingga 21 November 2021. Terakhir, para peserta berfoto bersama dengan orang nomor satu di Batola ini.