Memiliki Mall Pelayanan Publik pertama di Kalimantan Selatan, Barito Kuala di Apresiasi Ombudsman perwakilan Kalimantan Selatan, Selasa (10/3/2020).

Berlangsung di Plaza Smart City Lt.3 (Menara siring Banjarmasin), Ombudsman RI perwakilan Kalimantan Selatan berikan apresiasi kepada tiga Kabupaten/Kota yang dinilai mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Penilaian ini dilakukan Ombudsman berdasarkan laporan pengaduan masyarakat, kegiatan pencegahan baik melalui mystery shopping, maupun kunjungan langsung untuk melihat berbagai inovasi yang sudah dilakukan. Hanya Barito Kuala, Pemko Banjarbaru dan Pemko Banjarmasin sebagai instansi pemerintah Daerah yang dinilai berhasil memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Selain ketiga instansi Pemerintah Daerah, terdapat pula tujuh instansi lain yang dinilai pioner, inovatif, responsif, dan partisipatif dalam mewujudkan pelayanan publik yang semakin baik di Kalimantan Selatan.

Kepala Ombudsman RI perwakilan Kalimantan Selatan Noohalis Majid menyampaikan apresiasinya terhadap Pemkab Batola. Melalui Mal pelayanan  publik, Batola menjadi Pioner di Kalimantan Selatan dalam memprakarsai hadirnya Mal layanan Publik.

“Dengan segala keterbatasan, baik fasilitas maupun sumber daya manusia, Batola berani memulai bahkan menjadi inspirasi Kabupaten lainnya seperti Kabupaten Banjar dan Tabalong,” terang Noohalis.

Bupati Barito Kuala Hj. Noormiliyani AS yang menerima langsung penghargaan ini mengucapkan terimakasih atas Apresiasi dari Ombudsman ini. Bupati menyampaikan pembangunan Mal pelayanan publik ini memang awalnya diniatkan untuk mempermudah pelayanan masyarakat dalam satu pintu.

“Mal pelayanan publik ini merupakan keinginan, harapan, dan cita-cita kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelas Bupati dalam testimoninya seusai menerima piagam apresiasi.

Dengan berbagai keterbatasan infrastruktur yang ada, Pemerintah Barito Kuala memang memanfaatkan gedung “bekas” DPRD Batola sebagai Mal pelayanan publik. Sehingga selain meningkatkan nilai guna bangunan, mempermudah pula masyarakat dalam pengurusan berbagai keperluan. Baik KTP, Kartu Keluarga bahkan SIM saat ini dapat dilayani di Mal pelayanan publik Batola.

Kepala Dispendukcapil Batola Jakuinuddin yang berhadir pula mendampingi Bupati menyampaikan bahwa Mal Pelayanan Publik Batola akan terus meningkatkan mutu layanan. Bahkan dalan waktu dekat akan ada anjungan Dukcapil mandiri yang akan semakin mempermudah layanan masyarakat tanpa melihat jam kerja.

“Anjungan Dukcapil Mandiri ini akan kami letakkan di Alalak dan di Marabahan. Sehingga masyarakat dapat kapan saja mencetak sendiri dokumen kependudukan tanpa kenal waktu baik siang maupun malam,” jelas Jakuinuddin.

Selain itu, akan ada pula aplikasi Darumadokpit “Daftar dirumah Dokumen terbit”. Dimana masyarakat bahkan tidak perlu datang ke kantor dinas untuk mengurus dokumen kependudukan. Cukup mengisi form yang ada di aplikasi, dokumen kependudukan akan segera terbit. (Humpro)