Peduli Kebakaran Baliuk, AMPI Galang Sumbangan

Peristiwa kebakaran yang terjadi di Desa Baliuk RT 02 Jalan Harianto MT Kecamatan Marabahan, Kamis (19/03/2020), sekitar pukul 02.40 Wita dinihari membawa kepedulian organisasi kepemudaan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Barito Kuala (Batola).
Untuk membantu meringankan beban para korban, AMPI menggelar aksi penggalangan sumbangan selama dua hari Jumat dan Sabtu (20 – 21 Maret 2020). Aksi yang juga disaksikan Ketua DPD KNPI Batola Hery Sasmita dan Ketua DPD AMPI Batola Ade Sofyan Mardan ini menyasar sejumlah lokasi di antaranya di perempatan Jl Veteran, Pasar Baru Marabahan, Pasar Wangkang, hingga halaman Kantor Bupati Batola.
Para PNS yang tengah menggelar senam, di pagi Jumat (20/03/2020), turut menjadi sasaran peredaran kotak sumbangan. Aksi simpati ini ternyata mendapat respon positif dari para PNS.
Malah ada pimpinan SKPD (Kepala Dinas PMD) Dahlan, turut mengedarkan kotak sumbangan.
Kotak yang semula diedarkan anggota AMPI ia sodorkannya ke para ASN yang tengah melaksanakan senam. Para PNS itu pun tanpa ragu merogoh kocek dalam menyumbang.
Aksi penggalangan yang dilaksanakan pada hari Jumat (20/03/2020) berhasil menghimpun dana sebesar Rp3.670.500. Uang itu akan disalurkan kepada para korban kebakaran yang terjadi di Desa Baliuk RT 02 Kecamatan Marabahan.
Ketua AMPI Batola, Ade Sofyan Mardan mengatakan, aksi yang mereka gelar ini merupakan bentuk kepedulian dan keprihatinan organisasi kepemudaan, khususnya AMPI dan KNPI, atas musibah kebakaran yang menghanguskan enam rumah dan satu sarang walet.
“Mungkin hanya ini yang bisa kami lakukan untuk meringankan saudara kita yang terkena musibah. Kami juga menyampaikan terimakasih kepada rekan-rekan yang ikut berperan dalam aksi sosial ini,” ucapnya.
Ade Sofyan Mardan pun mengapresiasi respon positif masyarakat yang telah mendukung dan berpartisipasi memberikan sumbangan. Ia berharap melalui bantuan dapat meringankan beban para korban yang terkena musibah kebakaran.
Rencananya, menurut keterangan, Sabtu (21/03/2020), sore ini AMPI kembali menggelar penghimpunan dana. Namun lokasi yang menjadi sasaran di kawasan bundaran Jembatan Rumpiang.
Periswita kebakaran yang melanda permukiman penduduk di Desa Baliuk RT 02 Jalan Harianto MT Kecamatan Marabahan ini berlangsung, Kamis (19/03/2020) dinihari. Peristiwa yang dimulai sekitar pukul 02.40 Wita itu sedikitnya menghanguskan enam rumah dan satu sarang walet.
Keenam bangunan rumah masing-masing milik Mantri Ufik, Kaya, almarhum Abang, Mawar, Suji dan Kikis. Sedangkan bangunan sarang walet yang terbakar adalah milik Aswadi. Peristiwa kebakaran ini menyebabkan puluhan warga terpaksa kehilangan tempat tinggal.