Sebagai bentuk kepedulian, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Barito Kuala membagikan 1.000 paket bahan pokok kepada anggota pramuka, Jumat (15/5) pagi.


Sasaran bantuan tersebut adalah anggota pramuka yang termasuk keluarga pra sejahtera, maupun terdampak Covid-19. Penyerahan bantuan dilakukan Ketua Kwarcab Batola, H Rahmadian Noor, kepada 17 ketua Kwartir Ranting (Kwaran).


“Bantuan ini melanjutkan kegiatan serupa dari Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan yang lebih dulu menyerahkan 300 paket bantuan kepada tujuh Kwaran,” ungkap Rahmadi.
“Kami berharap bantuan ini ikut memperkuat usaha pemerintah yang lebih dulu memberikan bantuan bahan pokok untuk mengurangi dampak ekonomi dari Covid-19,” imbuhnya.


Dalam teknis pembagian 1.000 paket tersebut, Kwarcab Batola mengambil persentase sesuai kepadatan jumlah penduduk di kecamatan masing-masing. Dengan demikian, Alalak memiliki presentase lebih banyak dibanding kecamatan lain.
“Bantuan tersebut merupakan hasil pergeseran anggaran dari sejumlah kegiatan yang tidak mungkin dilakukan, seiring ancaman penyebaran Covid-19,” tandas Rahmadi.