Lagi-lagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah di Kabupaten Barito Kuala (Batola). Selasa (16/06/2020), penambahan pasien terkonfirmasi positif yang terjadi sangat signifikan mencapai 36 orang sekaligus.

Yang mencengangkan, dari tambahan 36 pasien positif baru ini ternyata juga terdapat dari Kecamatan Wanaraya dengan jumlah cukup banyak mencapai 7 orang sekaligus. Padahal kecamatan ini sudah lama tidak ada lagi penambahan kasus covid-19.Sedangkan sisanya masing-masing dari Kecamatan Anjir Pasar 8 orang, Rantau Badauh 4, Alalak 4, Anjir Muara 4, Bakumpai 3, Belawang 2, dan masing-masing 1 dari Kecamatan Tabunganen, Marabahan, Mekarsari, dan Tamban. (lihat tabel)

“Diperolehnya penambahan pasien konfirmasi positif baru ini berdasarkan hasil pemeriksaan PCR ((Polymerase Chain Reaction/Pemeriksaan Berantai Polimerase) terhadap 44 orang tanpa gejala (OTG) dengan hasil 36 orang positif,” papar Juru Bicara Tanggap Darurat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Gustu-PP) Covid-19 Batola, dr Hj Azizah Sri Widari.

Azizah yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola itu menambahkan, dengan tambahan 36 pasien positif baru ini maka keseluruhan kasus terkonfirmasi positif di Batola sudah mencapai 215 orang. “Jumlah 215 kasus terkonfirmasi positif di Batola ini tidak termasuk Btl-65 yang dikembalikan ke Pemko Banjarmasin karena domisili yang bersangkutan di Banjarmasin,” ungkapnya.