Untuk memenuhi ketentuan physical distancing (jarak fisik) guna menghindari penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

Mungkin ini pertamakalinya terjadi di Barito Kuala (Batola). Bupati Hj Noormiliyani AS melantik dan mengambil sumpah 155 Kepala Sekolah (Kepsek) SD dan SMP Negeri melalui Video Conferene (Vidcon), Senin (20/04/2020). 155 kepsek yang dilantik dan diambil sumpah terdiri dari 109 Kepsek SDN dan 45 SMP.

Bersamaan ini Noormiliyani juga melantik Kepala SKB Marabahan H Ibadurrahman SPd MPd. Upacara pelantikan yang disaksikan Kepala Bapegdiklat H Hardian Noor dan Kepala Diknas Batola H Sumarji ini dilaksanakan untuk memenuhi ketentuan physical distancing (jarak fisik) guna menghindari penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda sekarang ini.

Kepala sekolah yang dihadirkan hanya empat sebagai simbolisasi serta untuk kebutuhan penandatangan berita acara pelantikan dan sumpah. Bupati Hj Noormiliyani AS berharap, pelantikan dipandang bagian terpenting sekaligus langkah strategis dalam upaya mendorong terwujudnya peningkatan kemajuan dunia pendidikan.

Melalui pergantian dan pergeseran diharapkan akan memberi penyegaran sekaligus daya dorong dalam mendukung terciptanya pembentukan SDM semakin berkualitas. Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu mrngutarakan, dalam menentukan posisi kepala sekolah selain harus memenuhi berbagai persyaratan seperti lulus administrasi dan akademik juga didasarkan pada potensi keperibadian dan sosial serta aspek menejerial, supervisi maupun kewirausahaan.

Hal lain yang juga turut menjadi pertimbangan, lanjutnya, harus mampu menjadi motor penggerak bagi peningkatan mutu pendidikan di lingkungan sekolah dengan menerapkan sistem pendidikan yang ada termasuk menjadi motivator bagi sesama rekan seprofesi agar senantiasa bersemangat memberikan pengabdian dan karya bakti.

“Jalankan tugas dan tanggung jawab dengan membangun kerja sama dan kerja cerdas yang sinergis serta harmonis guna mendukung terciptanya ketersediaan SDM yang handal dan berkualitas di masa mendatang,”

Untuk itu para kepala sekolah dan kepala SKB yang dilantik diharapkan dapat menjalankan amanah dan bekerja sebaik mungkin dengan memaksimalkan potensi serta kemampuan tenaga pengajar serta pendidik di sekolah masing-masing. “Jalankan tugas dan tanggung jawab dengan membangun kerja sama dan kerja cerdas yang sinergis serta harmonis guna mendukung terciptanya ketersediaan SDM yang handal dan berkualitas di masa mendatang,” pintanya.

Para kepsek dan tenaga pendidik serta pengajar juga diharapkan terus berupaya meningkatkan serta mengembangkan kemampuan profesi dengan memberikan dukungan dan bimbingan kepada guru atau karyawan berprestasi termasuk peserta didik yang berprestasi. baim/humpro