Website Induk Pemerintah Daerah

Pulau Kembang

Courtesy of Youtube.com

PULAU KEMBANG

Pulau Kembang adalah sebuah delta seluas 60 Ha yang terletak di tengah Sungai Barito dan merupakan habitat kera ekor panjang (monyet) dan beberapa jenis burung. Pada tahun 1976, pulau ini ditetapkan sebagai hutan wisata berdasarkan SK. Menteri Pertanian No. 788/Kptsum12/1976.

Di dalam kawasan hutan wisata ini terdapat altar yang diperuntukkan sebagi tempat meletakkan sesaji bagi “penjaga” pulau kembang yang dilambangkan dengan dua buah arca berwujud kera berwarna putih (Hanoman), oleh masyarakat dari etnis Tionghoa-Indonesia yang mempunyai kaul atau nazar tertentu. Seekor kambing jantan yang tanduknya dilapisi emas biasanya dilepaskan ke dalam hutan pulau Kembang apabila sebuah permohonan berhasil atau terkabul.

Menurut cerita pulau Kembang berasal dari kapal Inggris yang dihancurkan oleh orang Biaju pada tahun 1750-an atas perintah Sultan Banjar. Puing-puing bekas kapal tersebut lambat laun ditumbuhi pepohonan dan berubah menjadi sebuah pulau yang kemudian didiami sekelompok kera. Orang-orang desa yang berada di sekitar pulau baru ini menganggap bahwa kera-kera tersebut merupakan penjelmaan yang memakai sarungan kera. Kelompok kera tersebut dipimpin oleh seekor kera yang sangat besar berwarna putih. Kera-kera di kawasan ini berjumlah ribuan, sangat akrab dengan para pengunjung. Biasanya ketika para wisatawan datang berkunjung, kera-kera tersebut banyak yang menunggu di dermaga, menunggu para wisatawan memberi mereka makanan seperti pisang, kacang, dan sebagainya. Pulau kembang termasuk di dalam wilayah administratif Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan dan menjadi salah satu destinasi unggulan pariwisata selain tempat-tempat lainnya yang ada di Kabupaten Barito Kuala.

sumber : Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala

Jl. Pangeran Antasari No. 01
Telp. (0511) 4799041
Fax. (0511) 4799139
Email : setda@baritokualakab.go.id
Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Barito Kuala Kami berusaha untuk terus menyajikan informasi terbaru terkait penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Barito Kuala Update Covid19 Batola : ODP 82, OTG 165, PDP 0, Terkonfirmasi 446, Sembuh 274, Meninggal 6 Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H - Tetap Jalankan Protokol Kesehatan Dirgahayu Ke-75 Republik Indonesia