Website Induk Pemerintah Daerah

Wisata Susur Sungai

Destinasi Wisata Susur Sungai

Kabupaten Barito Kuala yang sebagian besar di kelilingi sungai, mempunyai potensi dalam pembangunan perekonomian masyarakat terutama sebagai:

  • Sarana transportasi
  • Sarana berdagang/ tempat membeli
  • Tempat pengeluaran barang
  • Tempat penghasilikan/ pembibitikan
  • Sumber air
  • Sebagai salah satu pengembangan destinasi pariwisata

Dalam rangka menuju pengembangan destinasi susur sungai Barito yang ada di Marabahan, upaya pengembanagan agar menarik untuk para pengunjung dikemas dalambentuk “Wisata Susur Sungai Barito, Marabahan”. Rute yang disusuri yaitu:

  1. MesjidAgung Al Anwar, Marabahan

Rute pertama yang akan dikunjungi adalah Mesjid Agung Al Anwar terletak persis berada di tepian Sungai Barito, selaindigunakan untuk beribadah masjid ini juga digunakan untuk sarana pendidikan keagaman.

  • Keramba Apung berlatar belakang Jembatan Rumpiang

Potensi sungai yang ada di Marabahan mampu mengembangkan sektor perikanan berupa budidaya ikan melalui Keramba Jaring Apung (KJA)

  • Stockpile batubara

Dalam perjalanan susur sungai ini, kita juga bisa melihat stockpile batubara. Di situ kita akan disuguhkan pemandangan timbunan batubara serta akan terlihat bagaimana proses pencampuran dan penimbunan batubara kedalam tongkang.

  • Siring Ulek Marabahan

Merupakan destinasi wisata yang berada di depan kediaman Bupati Barito Kuala, tepat di pinggirsungai Barito. Di titik ini kita bisa melihat pertemuan tiga arus sungai Barito yang membentuk pusaran air dan dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Ulek.

  • Wisata berbelanja Kerupuk Pipih

Kurang pas rasanya jika mengunjungi sebuah daerah tanpa membawa oleh-oleh khas daerah tersebut. Dikarenakan besarnya potensi ikan sungai yang ada di sungai Barito. Sehingga untuk meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat setempat, maka ikan yang telah ditangkap dioalah dan kemudian dikemas produkolahan yang bernilai lebih tinggi yaitu kerupuk. Di DesaMurung Raya adalah salah satu tempat pembuatan kerupuk ikan pipih, bukan hanya kerupuk ikan pipih tapi ada juga kerupuk ikan gabus (haruan), ikan sanggang, ikan jelawat, ikan puyau, selain itu ada juga kerupuk yang dari bahan baku nasi.

sumber : youtube.com
Jl. Pangeran Antasari No. 01
Telp. (0511) 4799041
Fax. (0511) 4799139
Email : setda@baritokualakab.go.id
Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Barito Kuala Kami berusaha untuk terus menyajikan informasi terbaru terkait penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Barito Kuala Update Covid19 Batola : ODP 82, OTG 165, PDP 0, Terkonfirmasi 446, Sembuh 274, Meninggal 6 Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H - Tetap Jalankan Protokol Kesehatan Dirgahayu Ke-75 Republik Indonesia