Bupati Hj Noormiliyani AS mengukumpulkan seluruh pimpinan SKPD di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Senin (17/02/2020). Kegiatan yang berlangsung di Aula Mufakat Kantor Bupati Batola ini dalam rangka internalisasi evaluasi hasil Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun Kinerja 2019.

Kegiatan ini sekaligus sebagai persiapan penerimaan rekomendasi hasil SAKIP yang bakal diterima bupati di Bali pada 27 Januari 2020 mendatang. Didampingi Pj Sekdakab Batola H Abdul Manaf dan Kepala Bapelitbang H Zulkipli Yadi Noor, Bupati Noormiliyani berharap nilai SAKIP Batola bisa meningkat bahkan diharapkan bisa mencapai nilai A.

Mengingat untuk Tahun Kinerja 2018 Batola mendapatkan nilai B (67) atau hanya kurang 3 poin untuk meraih nilai BB. Sebelumnya, Kepala Bappelitbang Batola, Zulkifli Yadi Noor menyampaikan hasil evaluasi SAKIP 2019 Batola diminta refokusing dalam menggunakan anggaran agar lebih mengutamakan kegiatan yang sesuai dengan usaha pencapaian visi misi daerah.

Di samping diperlukan pengawasan kepada program-program yang dilakukan masing-masing SKPD.Menurut Zulkifli, perlu adanya pemanfaatan teknologi informasi untuk monitoring kinerja SKPD di samping harus adanya reward dan punishment untuk memotivasi SKPD dalam pencapaian kinerja serta harus adanya evaluasi terhadap program dan kegiatan yang dilaksanakan apakah telah sesuai dengan IKU.

Bupati minta perlu adanya tim khusus yang menangani penyusunan laporan SAKIP. Dengan begitu akan lebih fokus dan berkesinambungan dalam penyusunan laporan.

“SKPD yang tahun 2019 mendapat nilai kurang memuaskan diharapkan dapat belajar dari SKPD yang bagus nilai SAKIP-nya,” tambah Bupati.

Saat ini SAKIP Batola sudah meraih nilai BB. Sekali pun raihan nilai Batola tiap tahunnya mengalami peningkatan namun dirasa perlu terus mendapatkan perhatian untuk mencapai target nilai A.