Rakornas Investasi 2020 dibuka Presiden Joko Widodo, Kamis (20/02/2020). Saat membuka acara yang berlangsung di Ballroom Hotel Rizt Carlton, Jakarta ini presiden berpesan kepada seluruh kepala daerah untuk mempermudah perizinan bagi investor untuk berinvestasi.

Dengan banyaknya investor masuk, maka akan membuka lapangan pekerjaan masyarakat di sekitar pula. “Seluruh kepala daerah saya harap membantu investor masuk, tidak hanya yang besar tapi yang kecil juga. Mereka ini membantu mengurangi pengangguran,” ucap presiden.

Rakornas bertema “Investasi untuk Indonesia Maju” dihadiri para pemangku kepentingan (stakeholder) mulai dari jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Bupati, Wali Kota, Sekretaris Daerah Provinsi, dan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Salah satu Kepala Daerah yang berhadir adalah Bupati Barito Kuala Hj. Noormiliyani AS yang didampingi Pj Sekretaris Daerah Batola Ir. H. Abdul Manaf dan Kepala Dinas PMPTSP Batola Ir. H. Muhammad Aberar, MP.

Presiden juga berpesan kepada seluruh Kepala Daerah mengawasi dan memberikan target kerja bagi DPMTSP demi memaksimalkan kinerja Dinas.”Kepala Daerah harus memberikan target pada DPMTSP, sekian ijin perbulan,” tambah orang nomor satu di Indonesia ini.

Presiden juga ingin DPMTSP bisa jemput bola. Mendatangi langsung usaha-usaha kecil dan memberikan ijin usaha. Untuk meningkatkan kinerja DPMTSP ini, Presiden memerintahkan Mentri Keuangan mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk DPMTSP.

Dana ini dapat digunakan untuk kegiatan penunjang kinerja dan menggenjot masuknya investasi.”Kalo tidak bisa tahun ini, tahun depan dana bisa digunakan DPMTSP untuk sosialisasi dan sebagainya,” terang Presiden.

Kepala DPMTSP Aberar menyambut baik hal ini. Aberar beberharap dengan adanya DAK untuk DPMTSP ini, DPMTSP Batola dapat lebih gencar mempromosikan potensi-potensi yang ada di Batola. Salah satunya potensi wisata yang sedang gencar Bupati promosikan.

“Contohnya dengan rencana pembangunan tempat wisata di bawah jembatan Rumpiang, dengan masuknya investor akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Batola,” terang Aberar.

Perlu diketahui, Bupati Hj. Noormiliyani AS tengah gencar mempromosikan wisata di Batola. Bahkan tahun 2020 ini mulai di bangun Jejangkit Eco Park di Kecamatan Jejangkit. Menanggapi pesan Presiden bahwa akan ada DAK untuk DPMTSP, Bupati berpesan kepada DPMTSP untuk mempersiapkan program-program yang sesuai. (Byd/Humpro)