Hingga Sabtu (18/04) pukul 09.30 Wita, jumlah ODP 50 orang terdiri baru dua orang dan lama 48 orang, PDP nol, dan OTG 45 orang.

Jumlah kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Barito Kuala (Batola) mengalami lonjakan drastis. Hingga Sabtu (18/04/2020) pukul 09.30 Wita jumlahnya mencapai 11 orang.

Padahal sehari sebelumnya hanya 7 orang. “Terdapat penambahan empat kasus positif di Batola.

Keempatnya berasal dari hasil pemeriksaan PCR Swab (pemeriksaan tenggorokan) dari lima Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan satu negatif,” tutur Juru Bicara (Jubir) Tanggap Darurat Covid-19 Batola, Hj Azizah Sri Widari.

Azizah yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola itu menerangkan, keempat pasien positif baru Batola ini semuanya berjenis kelamin laki-laki. Yang terdiri dari tiga orang dari Kecamatan Alalak dengan diberi kode Btl-08 berusia 50 tahun, Btl-09 berusia 41 tahun, dan Btl-10 berusia 49 tahun.

Sedangkan seorang lainnya berdomisili di Kecamatan Rantau Badauh dengan diberi kode Btl-11 berusia 47 tahun.

“Semua pasien memiliki riwayat pernah melakukan perjalan ke Gowa, Sulawesi Selatan. Saat ini mereka sedang dilakukan isolasi mandiri dan segera dikirim ke Rumah Sakit Abdul Aziz Marabahan,” pungkasnya.Azizah juga melaporkan perkembangan keseluruhan kasus Corona di Batola.

Hingga Sabtu (18/04) pukul 09.30 Wita, jumlah ODP 50 orang terdiri baru dua orang dan lama 48 orang, PDP nol, dan OTG 45 orang.

“Seluruh pasien Covid-19 positif, satu dirawat di Rumah Sakit Anshari Saleh Banjarmasin, tiga telah dirawat di Rumah Sakit Abdul Aziz Marabahan dan tiga orang lagi segera dikirim ke Rumah Sakit Abdul Aziz Marabahan.

Dan sisanya sementara sedang isolasi mandiri di tempat tinggal masing-masing,” ungkap Azizah. Seperti diketahui, sembilan dari sebelas pasien yang terkonfirmasi positif Batola ini merupakan bagian dari kluster Gowa.

Sedangkan dua orang pasien pernah melakukan kontak erat (transmisi lokal) dengan pasien yang sudah terlebih dahulu dinyatakan positif.

Kesebelas pasien positif itu terdiri dari tujuh orang berasal dari Kecamatan Wanaraya, tiga orang dari Kecamatan Alalak, dan satu orang dari Kecamatan Rantau Badauh. Dari sebelas pasien ini, dua di antaranya berjenis kelamin wanita, dan sembilan lainnya berjenis kelamin laki-laki. (Fp batola_membangun)