Partai Golkar bersama Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar aksi sosial, Senin (20/04/2020). Kali ini aksi simpatik yang dilakukan berupa pembagian masker. Lokasi yang menjadi sasaran seperti perempatan Jalan AES Nasution, Terminal, Pasar Baru hingga Pasar Wangkang Marabahan.

Dalam aksinya, puluhan pengurus dan anggota Partai Golkar serta AMPI membaur jadi satu. Ribuan masker yang berasal dari bantuan Partai Golkar itu dibagikan kepada para pejalan kaki, tukang becak, tukang ojek, supir yang berada di Terminal Marabahan, maupun para pengendara yang melintas.

Tak ketinggalan, para pedagang yang berada di Pasar Baru dan Pasar Wangkang turut kebagian. Aksi sosial ini tentu saja mendapat sambutan antusias warga. Terlebih saat ini alat tersebut sangat dibutuhkan di tengah mewabahnya Virus Corona Disease 2019 (Covid-19).

Dalam sekejap alat penutup hidup dan mulut itu pun ludes terbagi. Yang menarik, aksi bagi-bagi masker yang dilakukan Partai Golkar Batola ini juga disertai pemeriksaan suhu tubuh. Setiap warga yang melintas serta mendapatkan pembagian dilakukan pemeriksaan. Jika ada yang suhu tubuhnya 38 derajat ke atas direkomendasikan melakukan pemeriksaan lanjutan ke puskesmas maupun rumah sakit guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Salah seorang anggota Partai Golkar Batola yang turut terlibat kegiatan, Amanuddin mengatakan, aksi sosial bersama AMPI ini digelar atas dasar keterpanggilan nurani terhadap musibah Covid-19 yang melanda Batola. “Aksi ini juga kami lakukan sesuai anjuran pemerintah bahwa setiap warga yang melakukan aktivitas ke luar rumah untuk menggunakan masker,” katanya sembari menambahkan, terlebih saat ini keberadaan masker tergolong sulit didapatkan di pasaran.

Kepada masyarakat, lelaki yang juga menjabat anggota DPRD Batola itu mengimbau untuk senantiasa mengenakan masker, menjaga jarak aman, serta menghindari dari kerumunan agar tidak terjadinya penyebaran Covid-19. Aksi sosial yang digelar Partai Golkar Batola bersama AMPI dipimpin langsung Ketua AMPI Ade Sofyan Mardan dan disaksikan Ketua KNPI Hery Sasmita. bgs