Jubir Tanggap Darurat Covid-19 Kabupaten Barito Kuala dr Hj Azizah Sriwedari, Minggu (07/06/2020) pukul 09.00 Wita, mengkonfirmasi perihal penambahan pasien positif Covid-19 di Kabupaten yang beken disebut dengan Batola ini.

Dikatakan Azizah, berdasarkan hasil pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) terhadap 2 orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dengan hasil 2 orang positif.
“Kedua orang pasien baru berjenis kelamin perempuan, yang berdomisili di wilayah Kecamatan Alalak ini, merupakan PDP dengan riwayat kontak belum bisa ditentukan,” timpal Azizah seperti dikutip Teras7.com.

Ia menambahkan, 2 orang pasien baru ini diberi inisial nama Btl-89 (usia 69) dan Btl-90 (usia 51).
“Pasien Btl-89, terangnya, saat ini telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Ansari Saleh Banjarmasin, sementara Pasien Btl-90, dilaporkan telah meninggal dunia,” kata Azizah.

Pada kesempatan yang sama, perempuan pertama yang duduk menjadi orang nomor satu di jajaran Dinas Kesehatan Batola ini juga menyampaikan kabar gembira.
“Dengan mengucap syukur kepada Allah SWT, kami menyampaikan berita baik atas kesembuhan 1 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Berdasarkan pemeriksaan PCR sudah 2 kali negatif,” ucapnya.

Pasien sembuh tersebut, ungkap Azizah, yakni pasien dengan inisial nama Btl-40, seorang perempuan dengan usia 51 tahun, warga Kecamatan Alalak yang dirawat di lokasi Karantina Provinsi, Bapelkes, Banjarbaru.
“Pasien akan melanjutkan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari untuk menjaga kesehatannya,” tuturnya.

Azizah juga mengatakan, saat ini jumlah total pasien konfirmasi positif Covid-19 di Barito Kuala adalah 89 orang. Jumlah ini telah dikurangi 1 orang, karena pasien dengan inisial nama Btl-65, yang berdomisili di wilayah Kecamatan Alalak, ternyata ber-KTP Banjarmasin, sehingga penanganannya pun diambil alih oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Berikut 89 orang pasien positif Covid-19 Batola tersebar di beberapa kecamatan. Angka tertinggi dimiliki Kecamatan Alalak dengan jumlah 40 (2 orang meninggal dunia, 1 orang dinyatakan sembuh). Disusul Kecamatan Barambai dengan jumlah 14 orang. Selanjutnya Kecamatan Wanaraya dengan jumlah 11 (2 orang dinyatakan sembuh). Kemudian Rantau Badauh dengan jumlah 10 (1 orang dinyatakan sembuh). Lalu Mandastana dengan jumlah 6 (1 orang dinyatakan sembuh). Selanjutnya Tabunganen dan Marabahan dengan jumlah masing-masing 3 dan 2 orang. Diakhiri oleh Kecamatan Anjir Pasar, Tamban dan Cerbon dengan jumlah masing-masing 1 orang.Teras7.com/humpro