Setelah sekitar 19 bulan menjabat, sejak 7 Februari 2019, Letkol Kav Sugianto kini resmi meninggalkan jabatan sebagai Komandan Kodim 1005/Marabahan. 
Sugianto kini menduduki jabatan baru sebagai Waaspers Kasdam VI/Mulawarman di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Sedangkan penggantinya, Letkol Arm Ari Priyudono sebelumnya menjabat Komandan Batalyon Armed 18/Komposit. Posisi Ari sendiri digantikan Mayor Arm Yudhi Ari Irawan. 


Uniknya Sugianto dan Ari sudah berteman cukup lama. Mereka pernah sama-sama tergabung di Binlitbang Pussenarmed Kodiklat Angkatan Darat di Bandung.
Pun ketika Sugianto ditempatkan di Kodam VI/Mulawarman dan menjabat Danyon Kavaleri 13/Satya Lembuswana, Ari menyusul beberapa bulan kemudian. Tidak disangka beberapa bulan berselang, Ari pula yang kemudian menggantikan Sugianto sebagai Dandim 1005/Marabahan.


Upacara serah terima jabatan dilakukan di Korem 101/Antasari, Kamis (6/8), dipimpin langsung Danrem Brigjen TNI Firmansyah.
Jumat (07/08/2020) pagi, digelar pisah sambut dan ramah tamah keduanya. Acara yang berlangsung di Aula Moch Yamin Makodim 1005 Marabahan ini dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Pj Sekda H Abdul Manaf, Kapolres Batola AKBP Lalu Moh Syahir Arif, Kajari La Kanna dan unsur forkopimda lainnya. 
“Selama 19 bulan tentu banyak kenangan yang didapatkan di Batola. Di antaranya hubungan harmonis antar forkopimda dan masyarakat,” ungkap Sugianto.
Sugianto juga menyatakan, ia secara resmi telah menjadi warga Batola sejak Februari 2020 dengan ber-KTP Batola. 


Dalam kesempatan pisah sambut ini Sugianto memuji keberadaan sosok Bupati Batola Hj Noormiliyani AS sebagai seorang perempuan namun gesit dan lincah dalam bertugas serta memiliki jiwa sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap warganya.


Sementara itu Dandim yang baru, Ari Priyudono, menyatakan akan berupaya mengikuti jejak langkah pendahulunya. “Apapun hal-hal baik yang dilakukan pejabat lama tetap saya lanjutkan. Untuk itu saya mengharapkan bantuan semua pihak,” pintanya.


Wakil Bupati H Rahmadian Noor mengaku merasa kehilangan atas kepindahan Letkol Kav Sugianto. Ia menyatakan, Sugianto merupakan sosok yang sederhana, ramah, dan murah senyum. Selain itu, koordinasi selama bertugas sangat baik, terutama dalam penanganan pandemi Covid-19. 
Terkait langkah Sugianto yang secara resmi telah menjadi warga Batola sejak Februari 2020 dengan mengganti KTP, Rahmadi pun sangat mengapresiasi yang menjadi bukti bahwa dia sangat nyaman dalam bertugas sembari mengutarakan banyaknya kenangan bersama.