Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Barito Kuala (Batola) Senin tanggal 17 Agustus 2020 besok bakal diwarnai kegiatan Gebrak Masker (Gerakan Bersama Memakai Masker).

Aksi yang digelar setelah puncak Peringatan Hari Kemerdekaan tepatnya sekitar pukul 12.00 wita itu diselenggarakan Tim Penggerak Pembedayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) bersama Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Barito Kuala.

Menurut rencana kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Sepekbola 5 Desember Marabahan ini akan dilepas Bupati Batola Hj Noormiliyani AS beserta jajaran forkopimda, dan pejabat lainnya. Setelah dilepas, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, tim terdiri dari anggota TP-PKK Kabupaten, Kecamatan, dan Desa serta anggota IKAPTK yang berjumlah puluhan orang terbagi 2 akan membagikan 1.000 masker.

Sedangkan masyarakat yang menjadi sasaran yang bermukim di sepanjang Jalan Veteran dan Jalan AES Nasution. Masker dibagikan secara door to door sambil mensosialisasikan akan pentingnya pemakaian masker dan penerapan protokol kesehatan.

Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor menyatakan, aksi Gebrak Masker ini dilaksanakan untuk lebih mengintensifkan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya memakai masker dalam upaya mencegah penularan virus corona.Selain itu, lanjutnya, kegiatan untuk menindaklanjuti surat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 440/3592/BPD Tanggal 14 Agustus 2020 perihal Pelaksanaan Gebrak Masker pada Tanggal 17 Agustus 2020 serta menindaklanjuti hasil rakor bersama Ketua TP-PKK Provinsi dan SKPD terkait dengan para Ketua dan Pengurus TP-PKK Kabupaten/Kota se-Kalsel melalui Vicon, Kamis (13/08).