Kecamatan Marabahan genap berusia 25 tahun. Untuk memperingati hari lahir kecamatan yang menjadi Ibukota Kabupaten Barito Kuala (Batola) ini digelar acara syukuran sederhana di tengah situasi pandemi ini, Kamis (27/08/2020). Acara syukuran yang berlangsung di Gedung Serba Guna Kecamatan Marabahan ini dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, Pj Sekda H Abdul Manaf, Camat Marabahan Eko Purnama Sakti, para anggota furkopimcam, para mantan Camat Marabahan, serta para lurah dan kades.

Acara syukuran diawali pembacaan sejarah berdirinya Kecamatan Marabahan oleh Perwakilan Kades, dilanjutkan penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan mantan Camat Marabahan periode 1995-1999 yang kini menjabat Kepala Bapegdiklat Hardian Noor. Di hadapan Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Pj Sekda H Abdul Manaf, dan undangan, Camat Marabahan Eko Purnama Sakti menyatakan semasa kepemimpinannya akan berusaha menjadikan Kecamatan Marabahan sebagai kawasan agrowisata. “Kami sudah bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dalam pengembangan agrowisata di Kecamatan Marabahan,” ungkapnya seraya menerangkan saat ini secara bertahap terus berupaya menuju ke arah itu.“Desa Karya Maju kelak akan menjadi penghasil anggur mengingat di lokasi itu terdapat budidaya dengan hasil yang tidak kalah dengan anggur daerah lain,” tambahnya.

Wakil Bupati H Rahmadian Noor mengucapkan selamat kepada masyarakat atas Hari Jadi ke-25 Kecamatan Marabahan. Ia berharap peringatan hari jadi ini dapat menjadi momentum bagi aparatur kecamataan dan desa untuk mensyukuri dan menghayati hari jadi dengan meningkatkan kinerja demi peningkatan derajat kesejahteraan masyarakat. “Semoga harijadi ini menjadi momentum pula untuk intropeksi diri dan berbenah baik dari sisi pelayanan maupun tingkat partisipasi masyarakatnya,” ungkapnya.

Wabup menyampaikanapresiasi atas gagasan camat yang akan menjadikan Kecamatan Marabahan sebagai kawasan Agrowisata Talaran Setara yang sudah dicanangkan tahun lalu. Ia menyampaikan bahwa dari laporan camat telah ada kemajuan dari kawasan wisata agro yaitu, pembudidayaan madu kalulut telah bertambah menjadi 100 sarang, terdapat 4 jenis anggur yang cocok di tanam di Marabahan, telah ditanam 400 pohon durian, 400 pohon kelengkeng, 400 pohon jeruk dan 100 pohon anggur Brasil.

Selamatan hari jadi ke-25 Kecamatan Marabahan juga diisi dengan penyerahan penghargaan dari camat kepada Desa Antar Jaya atas Tata Kelola Administrasi terbaik, Desa Karya Maju atas Desa/Kelurahan Tercepat Pelunasan PBB Tahun 2020, Desa Baliuk atas Desa/Kelurahan Teraktif Menyampaikan Laporan Kinerja, TP PKK Desa Antar Jaya atas prestasi TP PKK Desa/Kelurahan dengan Kinerja Terbaik.Syukuran ke-25 HUT Marabahan juga ditandai pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan diserahkan kepada Camat Marabahan Eko Purnama Sakti. Humpro Batola