Gelaran Turnamen Game Console FIFA20 yang diselenggarakan ESI (E-Sports Indonesia) Barito Kuala (Batola) sudah mencapai babak grand final, Sabtu (29/08/2020). 


Di babak final yang diselenggarakan di Kedai Kopi Kontainer (K3) Akhmad Akbar Tawakkal bertanding melawan Reinanda Pratama Nusantara (Ade). Kedua top player ini sukses memberikan perjalanan fantastis di ajang bertajuk Merdeka Cup Batola ini. 
Langkah keduanya memang tak terprediksi sebelumnya, namun kepiawaian memberikan fakta yang mempertemukan keduanya di partai puncak. 


Pada pertandingan terlihat cukup klimak. Kedua player bermain ketat untuk menentukan sang jawara. Awalnya Ade unggul lebih dahulu namun berhasil dibalas Akbar sehingga skor sempat berimbang 1-1. Beberapa menit kemudian Akbar berhasil lagi menambah 1 gol sehingga skor menjadi 2-1.
Merasa tertinggal, Ade pun berupaya mengejar dengan bermain lebih agresif namun rupanya Akbar lebih agresif lagi dan berhasil menambah 1 gol menjadikan skor 3-1. Meski memiliki selisih 2 gol Ade rupanya tak putus asa. Ia terus berusaha mengejar dan akhirnya upayanya membuahkan hasil dengan memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2. 
Sayangnya, lagi-lagi kepiawaian memang menentukan hingga akhirnya Akhmad Akbar Tawakkal berhasil mengunci kemenangan dengan skor 4-2. 


Berkat kemenangan itu, Akhmad Akbar Tawakkal meraih juara I sekaligus juara 4 serta top skor dengan sukses membawa pulang trophy, piagam penghargaan, dan uang pembinaan yang diserahkan Ketua Umum ESI Barito Kuala Hery Sasmita. 
“Saya merasa cukup puas memenangi turnamen ini. Kemenangan ini memberikan jawaban dari kerja keras latihan yang dilakukan selama ini,” tutur putera Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS itu. 


Sementara Reinanda Pratama Nusantara meski kalah mengaku cukup bangga atas pencapaiannya tersebut. “Saya bersyukur atas pencapaian di Turnamen Game Console FIFA20 ini,” katanya seraya bertekad terus berlatih agar bisa menempati kemenangan puncak pada kesempatan-kesempatan berikut. 


Turnamen Game Console FIFA20 yang diselenggarakan ESI (E-Sports Indonesia) Barito Kuala ini diikuti 35 peserta dengan 49 slot. Turnamen diselenggarakan dengan sistem knock-out (sistem gugur) dan setiap peserta boleh mendaftarkan diri 2 tim.
Ketua Umum ESI Batola Hery Sasmita mengatakan, digelarnya Turnamen Game Console FIFA20 ini selain dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 RI Tahun 2020 juga sekaligus untuk lebih memperkenalkan jenis olahraga elektronik (Esports) ke masyarakat. Mengingat jenis olahraga ini sudah termasuk cabang yang dipertandingkan di dunia termasuk Indonesia. 


Hery yang juga Kepala Bagian Humas dan Prototol (Kabag Humpro) Setda Batola itu berencana akan lebih sering mengadakan even semacam ini dalam upaya mencari bibit-bibit atlet yang bisa berprestasi baik di daerah, nasional, bahkan internasional. 
“Insya Allah kita akan terus coba gelar ajang semacam ini,” ucapnya.