Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) H Rahmadian Noor mengikuti rapat (meeting) bersama Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Kalimantan (Kalsel) secara virtual, Jumat (04/09/2020).

Rapat yang diselenggara BPR-RI Perwakilan Kalsel bersama seluruh Pemerintah Provinsi serta Kabupaten/Kota se-Kalsel ini digelar melalui video conference.Bagi Kabupaten Batola, zoom meeting yang mengambil tempat di Ruang Monitoring Center Setara Network Diskominfo ini juga diikuti dinas/instansi terkait di antaranya Kepala Bappelitbang Zulkifli Yadi Noor, Kepala BPKAD Samson, Inspektur Kabupaten Batola Ismet Zulfikar, Kadinsos Fuad Syekh, Kadinkes Hj Azizah Sri Widari, Kadiskoperindag Purkan, Kalak BPBD Sumarno, Direktur RSUD Abdul Aziz Marabahan Faturrahman, dan lainnya.

Virtual meeting yang digelar dalam rangka entry meeting (pertemuan untuk memulai pemeriksaan) kinerja pengelolaan dalam menyelenggarakan administrasi pemerintahan dan keuangan termasuk penanggulangan Covid-19.Pada Entry Briefing BPK via zoom ini Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel, Tornanda Syaifullah, menyampaikan paparan dan arahan terkait tugas dan fungsi BPK, kebijakan pemeriksaan, tujuan, sasaran, kepatuhan, lingkup, metodologi, serta audit universe. Ia mengatakan, untuk semestar II tahun 2020 ini BPK Perwakilan Kalsel akan melakukan pemeriksaan terkait pengelolaan dana untuk penanggulangan covid-19.

Mengingat seluruh pemerintahan kabupaten/kota serta provinsi telah mengalihkan dana dari APBD maupun APBN sebagai hasil refocuing untuk penanganan pandemi covid. Selain itu, lanjutnya, BPK juga akan memeriksa laporan keuangan dengan mempertimbangkan kesesuaian standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, efektivitas SPIP dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.“Kita juga akan melakukan pemeriksaan kinerja dengan tujuan tertentu sebagai bagian dari pemeriksaan menyeluruh atas pengelolaan dan pertanggungjawaban dana penanganan pandemi Covid-19,” paparnya.