Kasus Covid-19 di Kabupaten Barito Kuala (Batola) kembali tidak mengalami penambahan, Selasa (20/10/2020) hari ini. Dari laporan pemantauan kasus Covid-19 Kabupaten Barito Kuala yang dirilis Juru Bicara (Jubir) Tanggap Darurat Kasus Covid-19 Batola, dr Hj Azizah Sri Widari, data yang tertera persis yang disampaikan sejak 2 hari sebelumnya.

“Kasus baru nihil, kesembuhan nihil,” tulisnya memberi isyarat.Tidak adanya penambahan kasus baru ini di satu sisi memberi kabar gembira, namun di sisi lain boleh dianggap kurang menyenangkan lantaran stagnan.

“Seandainya bisa memilih, kasus Covid-19 di tempat kita ini setiap harinya tidak ada lagi penambahan pasien positif dan pasien sembuh terus bertambah agar wabahnya benar-benar lenyap,” ucap salah seorang warga Marabahan, Adul.

Sebagaimana laporan dua hari sebelumnya, Minggu dan Senin (18 dan 19 Oktober 2020), Azizah manyampaikan keseluruhan kasus konfirmasi di Bumi Ije Jela mencapai 668 orang, sedangkan pasien sembuh 630 orang (94,31 persen), pasien meninggal dunia 9 orang (1,35 persen). Dengan demikian kasus konfirmasi (kasus aktif) masih tersisa 29 orang (4,34 persen). Dari 29 orang yang mengalami kasus aktif ini, rinci Azizah, terdapat 19 orang dirawat masing-masing 3 orang di RSUD Anshari Shaleh Banjarmasin, 1 orang di Karantina SKB Marabahan, dan 15 orang di Karantina Provinsi. Sedangkan 10 orang lainnya menjalani isolasi mandiri.

Selain itu, tambah wanita yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola tersebut, juga terdapat kasus suspek 5 orang, probable kosong, dan kasus kontak erat 35 orang.