Pasien konfirmasi positif (kasus konfirmasi) Covid-19 kembali bertambah 1 orang. Untungnya pasien sembuh juga terdapat 2 orang, sehingga pasien positif (kasus aktif) di Barito Kuala (Batola) berjumlah 40 orang, Jumat (23/10/2020). “Hari ini penambahan terkonfirmasi positif 1 orang dan kesembuhan 2 orang,” tutur Juru Bicara (Jubir) Tanggap Darurat Kasus Covid-19 Batola, dr Hj Azizah Sri Widari.

Azizah menerangkan, untuk penambahan 1 pasien positif baru berasal dari Kecamatan Tamban berkode Btl-685. Saat ini pasien laki-laki berusia 22 tahun tersebut, lanjutnya, sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Terkait 2 pasien sembuh, wanita ramah itu menerangkan, 1 orang berasal dari Kecamatan Tamban berkode Btl-647. Pasien berkode Btl-647 itu semula dalam pemantauan Tim Covid-19 Asrama Haji Banjarbaru. Sedangkan 1 lainnya, sebut Azizah, berasal dari Kecamatan Alalak berusia 19 tahun. Pasien wanita berkode Btl-648 tersebut semula dalam pemantauan Tim Covid-19 kecamatan setempat.

Azizah yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola itu mengutarakan, dengan tambahan kasus baru kali ini maka total kasus konfirmasi di Batola menjadi 683 orang, sedangkan pasien sembuh 634 orang (92,83 persen), pasien meninggal dunia 9 (1,32 persen). Sehingga pasien konfirmasi positif (kasus aktif) tersisa 40 orang (5,85 persen).\

“40 kasus aktif ini 27 orang tengah dirawat masing-masing di RS Anshari Shaleh 3 orang, di RS Islam 2 orang, di Karantina SKB Marabahan 1 orang, di Karantina BTIKP Banjarmasin 2 orang, Karantina Provisi 19 orang, dan menjalani isolasi mandiri 13 orang,” paparnya.

Selain kasus aktif, lanjut wanita ramah itu, di Batola juga terdapat 5 kasus suspek, 1 orang probable, dan 62 kasus kontak erat.Selain melaporkan pasien terkonfirmasi positif dan pasien sembuh, Azizah juga membeberkan peta sebaran kasus Covid-19 di Bumi Ije Jela. Dari 17 kecamatan se-Batola, sebutnya, terdapat 8 kecamatan yang berzona merah di antaranya Kecamatan Marabahan, Barambai, Rantau Badauh, Belawang, Anjir Pasar, Mandastana, Alalak, dan Tamban.

Sedangkan zona kuning dialamai Kecamatan Bakumpai dan Cerbon. Sementara zona hijau terdapat 7 kecamatan yakni, Kuripan, Tabukan, Wanaraya, Jejangkit, Anjir Muara, Mekarsari, dan Tabunganen.