* Hari Ini Pasien Sembuh 8 dan 1 Positif

Kasus aktif di Kabupaten Barito Kuala (Batola) kembali berkurang menyusul terus sembuhnya pasien Covid-19, kendati pasien konfirmasi positif (kasus konfirmasi) masih fluktuatif mewarnai perkembangan setiap harinya.

Sabtu (28/11/2020) hari ini, kasus aktif tersisa 24 orang lantaran terdapat pasien sembuh 8 orang. Sementara pasien konfirmasi positif bertambah hanya 1 orang. “Hari ini pasien sembuh 8 orang sedangkan pasien konfirmasi positif baru bertambah 1 orang,” papar Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Penanggulangan Covid-19 Batola Hj Azizah Sri Widari.

Wanita ramah itu mengutarakan, pasien positif kali ini berasal dari Kecamatan Bakumpai berjenis kelamin laki-laki berkode Btl-771. Pasien laki-laki berusia 46 tahun yang sebelumnya berstatus probable itu, lanjutnya, tengah dirawat di RS H Abdul Azis Marabahan. Sementara 8 pasien sembuh yang semula dirawat di Karantina SKB Marabahan itu, beber Azizah, berasal dari Kecamatan Marabahan 3 orang, Cerbon 2 orang, Jejangkit 2 orang, dan Bakumpai 1 orang.

Azizah menguraikan, 3 pasien sembuh dari Marabahan berkode Btl-726 (laki-laki 24 tahun), Btl-739 (wanita 21 tahun), dan Btl-740 (wanita 24 tahun). Sementara 2 pasien laki-laki sembuh dari Cerbon berkode Btl-760 (37 tahun) dan Btl-760 (37 tahun). Terkait 2 pasien laki-laki sembuh dari Kecamatan Jejangkit, menurut Azizah, berkode Btl-723 (27tahun) dan Btl-724 (21 tahun). Sedangkan pasien sembuh dari Kecamatan Bakumpai, lanjutnya, berkode Btl-750 berjenis kelamin laki-laki berusia 31 tahun.

Azizah yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola ini menyatakan, dengan adanya kasus baru ini maka kasus konfirmasi di Bumi Ije Jela berjumlah 769 orang yang terdiri dari sembuh 732 orang (95,19 persen), meninggal 13 orang (1,69 persen), dan kasus aktif 24 orang (3,12 persen). “Ke-24 kasus aktif ini 16 orang menjalani isolasi mandiri dan 8 orang dirawat di RS Islam Banjarmasin 1 orang, di RSUD H Abdul Azis 1 orang, di Karantina Bapelkes 2 orang, dan di Karantina SKB Marabahan 4 orang,” katanya.

Selain kasus aktif, lanjut Azizah, di Batola juga terdapat kasus suspek 8 orang, probable 2 orang, dan kontak erat 54 orang. Kasus Covid-19 di Batola ini masih berfluktuatif. Kendati masih didominasi zona merah namun kasus aktif tersisa 24 hanya orang. Dari 17 kecamatan hanya terdapat 1 kecamatan yang zona hijau yakni Kuripan, 4 zona kuning yakni Tabukan, Cerbon, Rantau Badauh, dan Jejangkit. Sedangkan 12 kecamatan lainnya masih zona merah.

Dari pengamatan, masih mendominasinya zona merah ini lantaran adanya ketentuan jika terdapat satu warga saja yang terpapar maka praktis kecamatan tersebut menjadi zona merah. Padahal jika dilihat peta sebaran, kecamatan di Batola yang terpapar kasus positif saat ini rata-rata hanya menimpa satu warga.

Sementara kecamatan paling banyak terpapar kasus positif dialami Bakumpai dengan jumlah 4 warga terpapar. Sedangkan kecamatan lainnya seperti Marabahan 3 orang, Mandastana 3, Alalak 3, Mekarsari 3 dan Tamban 2 orang. Sedangkan 6 kecamatan lainnya seperti Barambai, Wanaraya, Belawang, Anjir Pasar, Anjir Muara, dan Tabunganen masing-masing hanya terdapat 1 warga positif. (lihat peta sebaran)