* Selamet Riyadi Ketua Karang Taruna Batola

Setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, Bupati Hj Noormiliyani AS melantik pengurus Karang Taruna Kabupaten Barito Kuala (Batola) periode 2018-2023, di Aula Mufakat Kantor Bupati Batola, Sabtu (19/12/2020).

Para pengurus karang taruna yang dilantik terdiri dari Ketua Selamet Riyadi ST, Wakil Ketua I Ali Akbar SSos, Wakil Ketua II Abdul Salam SPdI, Sekretaris Tangguh Elly Yudhanto SE, Wakil Sekretaris Aulia Riskina, Bendahara Fendi, dan Wakil Bendahara Bayu Pribadi. Kepengurusan juga dilengkapi bidang-bidang di antaranya Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Perempuan dengan koordinator Saudi Noor, Bidang Usaha Kesejahteraan Sosial dengan koordinator Gajali Rahman, Bidang Pengembangan Kewirausahaan, Kemintraan dan Humas dengan koordinator Suparman.

Selanjutnya, Bidang Kerohanian dan Pembinaan Mental dengan koordinator Hardimansyah SE, Bidang Pengembangan Pariwisata, Seni Budaya, dan Lingkungan Hidup dengan koordinator Elbi Murdani SAP, serta Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Olahraga dengan koordinator Drs Basri MM. Bupati Noormiliyani atas nama masyarakat dan Pemkab Batola mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh pengurus karang taruna yang baru dilantik dengan diiringi harapan dengan terpilihnya kepengurusan baru akan semakin meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab sosial terutama dalam usaha mendorong upaya peningkatan kesejahteraan sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat. Bupati menyatakan, Batola banyak memiliki keterbatasan baik sumber daya alam maupun pendapatan asli daerah yang tentunya sangat memerlukan upaya untuk menunjang pembiayaan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan. Kendati demikian, lanjut bupati, Pemkab Batola senantiasa optimis dan berusaha maksimal melakukan terobosan guna memenuhi segala kebutuhan masyarakat. Hanya saja itu tak mungkin berhasil optimal tanpa dukungan dan partisipasi aktif segenap komponen masyarakat termasuk organisasi pemuda seperti karang taruna.

Untuk itu, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu mengajak organisasi pemuda termasuk karang taruna untuk terlibat menjadi organisasi terdepan sekaligus motor penggerak pembangunan di desa. Menyinggung rencana Ketua Karang Taruna Provinsi Kalsel Irwansyah yang akan turut memasarkan sejumlah komoditas di Desa Antar Raya seperti anggur dan madu kelulut, Noormiliyani sangat menyambut baik. Ia menyatakan langkah yang akan Irwansyan yang juga Dosen ULM Banjarmasin ini sangat tepat mengingat di kawasan Desa Antar Raya dan sekitarnya terdapat kawasan wisata Setara yang di dalamnya juga terdapat pengembangan madu kelulut, serai wangi, serta anggur yang menjadi ciri khas Batola.

Di hadapan para pengurus karang taruna, bupati satu-satunya wanita di Kalsel itu juga membeberkan, berbagai prioritas pembangunan selama priodesasinya bersama Wabup H Rahmadian Noor di antara seperti Program Kutabamara (jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Kuripan, Tabukan, Bakumpai, dan Marabahan), pembangunan Jejangkit Ecopark, serta hingga Program Bedah Kampung Terintegrasi (BKT). Noormiliyani juga menyampaikan rasa bangganya atas terpilihnya Kecamatan Mandastana dalam kawasan inkubasi utama pengembangan infrastruktur wilayah 2 Kalimantan menjadi Kawasan Industri Agro Pusat Pengembangan Pertanian Agropolitan Mandastana atau disingkat Puspa Mandastana oleh Kementerian PUPR.Ia berharap ke depannya kawasan Puspa Mandastana ini bisa bersinergi dengan kawasan agrowisata Jejangkit Ecopark yang digagas Pemkab Batola, sehingga diharapkan program-programnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Provinsi Kalsel Irwansyah mengajak para anggota karang taruna untuk turut aktif terlibat dalam berbagai kegiatan di masyarakat. Karang taruna, sebutnya, sangat tepat menjadi motor penggerak untuk turut memacu berbagai usaha masyarakat termasuk pengelolaan Bumdes. Irwan sendiri menyatakan pihaknya dari ULM Banjarmasin dalam kaitan pengabdian masyarakat sering ke Desa Antar Raya. Dan rencananya untuk berusaha membantu pengembangan madu kelulut yang ada di desa setempat agar bisa lebih terkenal bahkan ke tingkat nasional.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Batola yang baru, Selamat Riyadi menyatakan, sebgai ketua yang baru menjabat akan bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi karang taruna sebagaimana yang tercantum dalam AD/ART. Ia juga mohon kepada seluruh pengurus dan jajaran anggota karang taruna untuk bisa bersama-sama menghidupkan kembali organisasi kepemudaan karang taruna ini, khususnya di Batola.