Horee..hari ini tidak ada tambahan positif, tapi pasien sembuh juga tidak ada. Pernyataan ini terlontar dari mulut anak saya Soraya ketika membaca pres rilis Laporan Pemantauan Kasus Covid-19 yang disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Kabupaten Barito Kuala (Batola) dr Hj Azizah Sri Widari di akun Grup Whatsapp Press Room Batola, Senin (11/01/2021).

Kekagetan yang dirasakan seorang anak berusia 10 ini cukup beralasan. Mengingat selama seminggu belakangan peningkatan kasus Covid-19 di Batola, baik positif maupun pasien sembuh, tergolong signifikan. “Hari ini tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif (kasus konfirmasi) baru maupun pasien sembuh,” tulis Azizah.

Wanita yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola itu hanya melaporkan laporan harian hasil pemantauan kasus Covid-19 yang terjadi Senin. Azizah menyampaikan total kasus konfirmasi yang terjadi di Bumi Ije Jela saat ini telah melampaui angka 1.000 orang, tepatnya 1.017 orang.

Dari jumlah tersebut, katanya, terdapat pasien sembuh 888 orang (87,31 persen), meninggal dunia 13 orang (1,28 persen), dan kasus aktif 116 orang (11,41 persen).

Khusus terkait 116 kasus aktif yang terdapat di Batola, Azizah menerangkan, 35 orang dalam perawatan masing-masing di RSUD H Abdul Azis Marabahan 6 orang, di RS Sultan Suriansyah 1 orang, di RSUD Ulin 3 orang, di RS Islam 1 orang, di Karantina Bapelkes 20 orang, dan di Karantina SKB Marabahan 4 orang. Sementara yang menjalani isolasi mandiri terdapat 81 orang.

Selain terdapat kasus aktif, lanjut wanita ramah itu, di Batola juga saat ini terdapat kasus suspek 19 orang dan kasus kontak erat 132 orang. Sedangkan kasus probable kosong.