Para pemuda di Kabupaten Barito Kuala (Batola) bahu membahu dalam upaya membantu korban banjir di daerahnya. Kerjasama apik diperlihatkan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) bersama Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor).

Kedua Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) ini bekerjasama dengan sangat baik. AMPI menyerahkan bantuan bahan makanan ke posko dapur umum Ansor, sementara Ansor berperan mengolah menjadi makanan serta membagikan kepada korban banjir.

Jumat (29/01) hari ini, setidaknya terdapat 25 paket bahan makanan pokok diserahkan Ketua DPD AMPI Batola Ade Sofyan Mardan di lokasi dapur umum GP Ansor yang berada di depan Mushola Al Fajr Desa Sungai Tunjang Kecamatan Cerbon. “AMPI sebelumnya sudah keliling berbagai posko pengungsian untuk berbagi sembako. Dan kali ini ke dapur umum Ansor karena kami nilai mereka giat dalam membantu korban banjir sebagai dapur umum,” ungkap Purna Paskibraka Kabupaten Batola itu.

Aksi simpati yang dilakukan AMPI itu tentu mendapat respon positif para anggota Ansor. Mereka pun menyambut kehadiran para anggota AMPI yang datang membawakan bahan makanan. “Terima kasih atas perhatian AMPI kepada dapur umum kami. Insya Allah akan kami kelola dengan baik bantuan ini,” tutur salah satu anggota Ansor/Banser yang tak mau disebutkan namanya.“Kami saudara, tentunya akan saling tolong menolong,” timpal Ade Sofyan Mardan sembari mengharapkan bantuan ala kadarnya ini bisa meringankan beban masyarakat dalam menghadapi musibah banjir.

Seperti diketahui Kabupaten Batola sejak, Kamis (14/01/2021) lalu, mengalami musibah banjir. Dari kejadian ini setidaknya terdapat enam kecamatan yang tertimpa masing-masing Alalak, Mandastana, Cerbon, Jejangkit, Belawang, dan sebagian Rantau Badauh.

Musibah banjir terparah yang dialami Batola ini pun mendapat perhatian berbagai pihak baik Pemerintah Pusat, pihak kementerian, provinsi, kabupaten, organisasi, masyrakat, dan lainnya.