* Pasien Sembuh 24 Orang

Sebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Barito Kuala (Batola) sepertinya semakin parah. Setelah kemarin terjadi penambahan 33 orang pasien positif (kasus konfirmasi), Kamis (25/02/2021) hari ini, penambahannya lebih tinggi lagi mencapai 41 orang.

Mirisnya lagi, penambahan pasien positif dari kasus kontak erat dan suspek kali ini 28 orang di antaranya dari Kecamatan Marabahan, 9 orang dari Alalak, dan masing-masing 1 orang dari Anjir Muara, Wanaraya, Mandastana, dan Mekarsari. Namun, dibalik kabar penambahan kasus positif ini juga terdapat pasien sembuh sebanyak 24 orang.

Kendati secara kumulatif perkembangannya tetap didominasi penambahan positif yang menyebabkan total pasien positif (kasus aktif) bertambah menjadi 190 orang.

Terjadinya ledakan kasus positif ini diperkirakan selain semakin gencarnya petugas melakukan tracing (penelusuran dan pelacakan) juga tidak terlepas adanya peristiwa banjir yang menyebabkan masyarakat agak longgar terhadap protokol kesehatan (prokes). Lihat table

Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Covid-19 Batola, dr Hj Azizah Sri Widari menerangkan, dengan adanya tambahan baru ini maka total kasus konfirmasi menjadi 1.395 orang yang terdiri dari pasien sembuh 1.189 orang (85,23 persen), meninggal dunia 16 orang (1,15 persen), dan kasus aktif (pasien positif) menjadi 190 orang (13,62 persen).

Khusus terhadap 190 orang kasus aktif, beber Kadinkes Batola ini, terdapat 158 menjalani isolasi mandiri dan 32 orang lainnya dirawat masing-masing di RS Ciputra 2 orang, di RS Bhayangkara 1 orang, di RSUD Ulin 2 orang, di RSUD H Abdul Azis 2 orang, di Karantina Bapelkes 5 orang, dan di Karantina SKB 20 orang. Selain kasus aktif, tambahnya, di Batola juga terdapat kasus suspek 25 orang dan kontak erat 112 orang.