Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-52 Tingkat Kabupaten Barito Kuala (Batola) di Kecamatan Belawang yang berlangsung sejak Jumat (05/03/2021) secara resmi ditutup Wakil Bupati H Rahmadian, Senin (08/03/2021) malam.

Gelaran tahunan yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Belawang ini seakan memanjakan para juara. Bagi para juara I selain diberikan uang pembinaan masing-masing Rp10 juta juga disediakan 15 undian umrah yang terdiri dari 13 untuk peserta terbaik I di masing-masing cabang dan 2 lainnya untuk dewan hakim/dewan juri serta panitia kerja LPTQ.

15 hadiah umrah yang tersedia masing-masing 1 orang berasal dari bantuan Bupati Hj Noormiliyani AS dan 1 orang dari sang suami H Hasanuddin Murad, Wakil Bupati H Rahmadian Noor 1 orang, Ketua DPRD Saleh 1 orang, Pj Sekda yang juga Ketua LPTQ H Abdul Manaf 1 orang, Direktur PDAM 1 orang, PT Hasnur Group 2 orang, PT Adaro Indonesia 2 orang, PT Talenta Bumi 2 orang, PT Amanah Group 1 orang, Bank Kalsel Marabahan 1 orang, dan tokoh masyarakat H Rusli 1 orang.

Dari pengundian yang dilaksanakan di atas panggung utama, hadiah umrah Bupati Hj Noormiliyani AS tanpa diundi diserahkan kepada Qari Terbaik 1 sekaligus juara umum perorangan MTQ ke-52 Batola di Belawang Alfianor dari Tabukan. Sedangkan undian umrah sang suami yakni H Hasanuddin Murad diraih peserta terbaik 1 Tartilul Putera M Kasful dari Mekarsari.

Sementara undian umrah Wabup H Rahmadian Noor diraih salah salah seorang dewan hakim/dewan juri atas nama H Ahmad Supiani. Selanjutnya, untuk undian umrah dari Ketua DPRD Saleh diraih Noor Azkia (Peserta Terbaik 1 Tartilul Puteri dari Kecamatan Mekarsari), sedangkan undian umrah dari Pj Sekda yang juga Ketua LPTQ Batola diraih peserta Tilawah Dewasa Puteri atas nama Nur Isma dari Kecamatan Kuripan.

Selain terdapat hadiah yang berasal dari pejabat di atas, terdapat pula 10 hadiah umrah yang berasal BUMN, BUMD, perusahaan, dan perorangan seperti 1 undian hadiah umrah Direktur PDAM Marabahan yang diraih peserta terbaik Tilawah Remaja Puteri dari Alalak atas nama Miftahul Jannah.

Untuk 2 hadiah umrah dari PT Hasnur Group diraih Tahfiz 20 Juz Puteri atas nama Siti Aisyah dan peserta Tahfiz 10 Jus atas nama Ziadatul Husna yang keduanya dari Kecamatan Rantau Badauh. Selanjutnya, 2 hadiah undian umrah dari PT Adaro Indonesia masing-masing diraih M Syafiq Khalil (peserta Tahfiz 10 Juz Putera) dari Rantau Badauh dan M Abdul Hay (peserta Tahfiz 5 Juz Putera) dari Rantau Badauh.

Demikian pula 2 undian umrah dari PT Talenta Bumi diraih peserta Kaligrafi Kontenporer Puteri Miftahul Jannah dari Tabunganen dan peserta Penulisan Naskah Puteri atas nama Hidayatussa’adah dari Barambai. Sementara 1 hadiah dari PT Amanah Group diraih Tim Kerja LPTQ atas nama Bainah, 1 hadiah Bank Kalsel Cabang Marabahan diraih kelompok peserta Fahmil Quran Putera atas nama Khaisiarrahman, M Albaidawi, dan Nor Alam dari Anjir Pasar.

Sedangkan 1 undian umrah dari seorang tokoh masyarakat Marabahan H Rusli diraih kelompok peserta Syarhil Quran Puteri atas nama Anik Prianita Luthfiana, Siti Rofi’ah, dan Nur Fitri Najwa Madani.

Wakil Bupati H Rahmadian Noor mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkenan memberikan bantuan hadiah umrah sehingga para pemenang insya Allah diberangkatkan menunaikan ibadah umrah di kesempatan mendatang.

“Kita berdoa semoga wabah virus Corona (COVID-19) yang melanda berbagai negara segera berakhir sehingga Arab Saudi bisa memberikan kesempatan bagi mereka yang akan masuk untuk melaksanakan ibadah umrahnya,” harapnya.

Sementara kepada para penyumbang, mantan anggota DPRD Batola itu, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya sehingga 15 peserta pemenang MTQ ke-52 Batola yang beruntung insya Allah mendapat kesempatan berangkat umrah secara gratis.

Ketua Umum Panita Pelaksana yang juga Camat Belawang, Rusdiansyah mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak atas partisipasi dan bantuan baik moril, matiril, tenaga, pemikiran, bahkan dana sehingga pelaksanaan MTQ bisa terlaksana lancar dan sukses.

“Tanpa bantuan, partisipasi dan keterlibatan bapak ibu serta berbagai lapisan masyarakat tentunya kegiatan yang kita laksanakan ini tidak akan berjalan dengan baik, lancar, dan sukses,” katanya seraya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan serta mengharapkan jerih payah, partisipasi serta bantuan mendapatkan imbalan yang setimpal dari Allah SWT.