Setelah sempat vakum akibat pandemi, Forum Komunitas Hijau (FKH) Ijejela Bahalap kembali beraksi. Kali ini kegiatan yang dilakukan berupa penanaman pohon penghijauan di lokasi agrowisata Talaran Setara yang berada di wilayah Kecamatan Marabahan.

Aksi penghijauan yang dilakukan FKH bersama-sama para Pelajar Peduli Lingkungan di bawah binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batola ini tentunya semakin mempercantik keberadaan lokasi wisata yang dibangun Dinas PUPR Batola itu nantinya.“Memang penanaman pohon ini telah kita programkan dari tahun lalu,” tutur Pembina FKH Ijejela Bahalap, Hj Saraswati Dwiputranti Rahmadian Noor.

Isteri Wakil Bupati Batola itu menyatakan, dalam pembangunan Taman Agrowisata Telaran Setara yang dilaksanakan Dinas PUPR memang tidak ada tanaman peneduh. Kebetulan anggaran ada sehingga dilakukan kolaborasi penanaman bersama FKH dan Pelajar Peduli Lingkungan.

Sementara itu, Ketua FKH Ijejela Bahalap Hasbian Noor menyatakan, pada tahun 2021 ini pihaknya mengawali kegiatan dengan beberapa rangkaian termasuk susur sungai. Sementara kegiatan penghijauan yang dilaksanakan kali ini, sebutnya, merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 FKH Ijejela Bahalap.

“Kemarin ada beberapa lokasi yang kami jadikan sebagai ancar-ancar dan akhirnya terpilih di Agrowisata Telaran Setara,” paparnya sembari menambahkan, mengingat dari pemantauan masih terdapat beberapa titik lokasi yang belum tercukupi untuk kebutuhan penghijauan.

Camat Cerbon itu menjelaskan, jenis pepohonan yang mereka tanam di lokasi Agrowisata Telaran Setara berupa Ketapang Kencana dan Tubebuya.“Kami berharap mudah-mudahan masyarakat di sini juga ikut memelihara keberadaan pohon yang sudah kami tanam,” harapnya.

Hasbi juga mengutarakan jika pandemi berakhir pihaknya merencanakan akan melaksanakan aksi lainnya seperti festival hijau, seminar hijau, atau lainnya.