Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak secara Elektronik Voting (E-Voting) di Kabupaten Barito Kuala (Batola) periode 2021-2027 telah rampung dilaksanakan, Rabu (02/06/2021). Dari 163 desa di 17 kecamatan yang menyelenggarakan terdapat 11 orang (6,7 persen) dimenangkan oleh calon perempuan.

Ke-11 calon tersebut masing-masing Hj Norliani STr Keb dari Desa Tabunganen Muara Kecamatan Tabunganen, Purnamawati dari Desa Tamban Raya Kecamatan Mekarsari, Mardina dari Desa Sepakat Bersama dan Noorjanah dari Desa Patih Muhur Lama Kecamatan Anjir Muara. Selanjutnya, Cahyo Utami Ningsih dari Desa Karang Dukuh Kecamatan Belawang, Elly Rahmah dari Desa Belandean dan Syarifah Syaufiah SPd dari Desa Pulau Sewangi Kecamatan Alalak, Hj Siti Khadijah SAP MM dari Desa Sungai Raya Kecamatan Cerbon, Hamidah SPd dari Desa Karya Makmur dan Hj Yuliana SE dari Desa Tabukan Raya Kecamatan Tabukan, serta Rasidah dari Desa Balukung Kecamatan Bakumpai.

Jumlah ini belum lagi terdapat 1 kades dari Desa Batik Kecamatan Bakumpai yang masih belum berakhir masa jabatannya. Sehingga keterwakilan perempuan terhadap kades nantinya mencapai 12 orang atau 7,4 persen.Bupati Hj Noormiliyani AS menyambut gembira atas terpilihnya sejumlah calon perempuan sebagai kades di Batola periode 2021-2027.

Kendati totalnya belum mencapai kouta kesepakatan minimal 30 persen.“Ini tentunya prestasi yang sangat membahagiakan serta rekor bagi Kalsel sekaligus menunjukan kepercayaan masyarakat terhadap pemimpin sudah bertansformasi ke arah perubahan,” paparnya.

Bupati perempuan pertama di Kalsel ini mengatakan, sudah saatnya perempuan diberi kepercayaan dan kesempatan memimpin, mengeksplor kemampuan, kelakuan, karakteristik, serta kultural untuk melebur secara perlahan. “Saya merasa salut dan bangga atas prestasi yang bahkan perolehan suara mereka sangat signifikan. Kendati semuanya tidak berasal dari kader-kader partai maupun tokoh yang berkecimpung di dunia politik tapi berasal dari berbagai komponen masyarakat,” tutup mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu.