Hari Anak Nasional (HAN) 2021 kembali diperingati secara sederhana di Barito Kuala (Batola) . Mengingat masih belum lenyapnya virus Covid-19 di Indonesia termasuk di Batola, Jum’at (24/7). Bupati Barito Kuala Hj. Noormiliyani AS hadiri peringatan HAN 2021 di aula selidah kantor sekretariat daerah Kabupaten Barito Kuala di Marabahan. Seperti tahun sebelumnya acara ini berlangsung sederhana dengan peserta yang terbatas.

Berhadir antara lain Ketua DPRD Batola Saleh, Sekretaris Daerah Batola H. Zulkipli Yadinoor, anggota Forkopimda, Ketua TP PKK Batola Hj. Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, Ketua DWP Batola Hj. Herwina Rezeki Zulkipli Yadi Noor serta Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Batola Harliani.

Sebelum acara dimulai Bupati menyempatkan diri bermain congklak bersama anak-anak SDN Marabahan. Tampak keceriaan dan rasa bangga anak-anak bisa bermain dan bertemu langsung dengan orang nomor 1 di Batola ini. Bupati wanita pertama di Kalimantan Selatan ini selanjutnya menyampaikan betapa pentingnya memberikan perlindungan kepada anak. Keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak. “Terutama dalam masa pandemi Covid-19 ini, kita harus menjaga kesehatan maupun gizi anak-anak kita yang kelak akan menjadi penerus bangsa, ” pungkas mantan ketua DPRD Kalimantan Selatan ini.

Selanjutnya Noormiliyani menyampaikan bahwa Pemkab Batola tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mempersiapkan anak-anak agar menjadi generasi penerus penyambung tongkat estafet pembangunan di masa depan. “Ada beberapa program Pemkab Batola dalam hal ini seperti program Bulin Tertawa dan Permata Bunda, ” tambah Noormiliyani.

Jelasnya, terdapat program Bulin Tertawa atau Ibu Bersalin Terdata dan Pulang Membawa Akta yang telah diluncurkan pada tahun 2015 ketika bupatinya dijabat sang suami H Hasanuddin Murad. Program ini terintegrasi dengan program Permata Bunda (Pemberian Makanan Tambahan bagi Ibu Hami dan Anak Balita) dalam hal pemenuhan Kartu Identitas Anak (KIA) “Pemkab Batola bahkan telah menerbitkan Peraturan Bupati Barito Kuala Nomor 96 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Tambahan Ibu Hamil dan Anak Balita, ” tambah Istri mantan Bupati 2 periode H.

Hasanuddin Murad seraya mengungkapkan melalui program ini menjadi bukti usaha pemerintah secara serius dalam penanganan masalah gizi kurang dan stunting. Selanjutnya Bupati mengajak kepada semua pihak khususnya orang tua, para guru, dan instansi terkait lainnya untuk membangun kesadaran untuk bersama-sama melaksanakan kewajiban dan tanggungjawab sebagaimana diamanahkan oleh undang-undang”Selamat memperingatk Hari Anak Nasional Tahun 2021, tetap sehat, tetap semangat, maju dan sejahteralah seluruh anak-anak di Bumi Ije Jela Tercinta, ” tutup Noormiliyani.

Kepala BP3AKB Batola Harliani menuturkan bahwa perayaan HAN 2021 ini memang dilaksanakan secara sederhana dan terbatas sebagaimana instruksi dari Bupati. “Memang sederhana tapi tetap tidak mengurangi kekhidmatan perayaan HAN 2021 ini, ” terang mantan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Batola ini.

Selanjutnya Harliani mengungkapkan, terkait wabah Covid-19 di Batola yang semakin meningkat, pihaknya telah memberikan imbauan serta mensosialisasikan untuk mempromosikan vaksinasi anak di usia 12-17 tahun.”Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan mendapat tanggapan yang baik mengenai vaksinasi anak ini,” terangnya.Ia pun menyampaikan, selama vaksin itu tersedia, maka anak-anak segera didaftarkan untuk mendapatkan vaksinasi, dengan tujuan melindungi mereka dari paparan virus Covid- 19.