Komando Distrik Militer (Kodim) 1005/Barito Kuala menggelar vaksinasi massal kepada masyarakat. Kegiatan bertajuk “Serbuan Vaksinasi Dalam Rangka HUT TNI ke-76” ini berlangsung di Aula Moch Yamin Jl Panglima Batur Kelurahan Ulu Benteng Kecamatan Marabahan, Senin (04/10/2021). Pelaksanaan atas kerjasama dengan HIPMI Batola ini juga dihadiri Komandan Kodim (Dandim) 1005 Barito Kuala Letkol Arm Ari Priyudono SSos MTr (Han) beserta jajaran dan Ketua HIPMI Batola, Slamet Riyadi dan pengurus.

Kegiatan yang melibatkan Tim Vaksinator dari Puskesmas Marabahan ini setidaknya menghabiskan 300 dosis vaksin sinovac. Begitu pelaksanaan dimulai pukul 09.00 wita, masyarakat sudah menyerbu dan memenuhi aula milik Kodim 1005 Barito Kuala ini. “Vaksinasi ini tetap mengikuti prosedur dengan diawali pendaftaran, melakukan cek tensi dan suhu tubuh, screening kesehatan, pemberian suntik vaksin, penginputan data dan observasi bagi yang telah divaksin,” papar Dandim 1005/Batola Letkol Arm Ari Priyudono SSos MTr (Han).

Ari Priyudono juga mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat sesuai tema HUT TNI ke-76 yaitu “Bersatu Berjuang Kita Pasti Menang.” Dandim menambahkan, selain di Aula Moch Yamin, di hari yang sama Kodim 1005 Barito Kuala juga menggelar vaksinasi di beberapa kecamatan di Batola. Beberapa tempat tersebut, di antaranya Kecamatan Mekarsari yang dilaksanakan di Desa Tamban Baru dengan target sasaran 100 dosis.

Selain itu di Kecamatan Tabunganen yang pelaksanaannya digelar di koramil dengan target sasaran 150 dosis. Selanjutnya, di Kantor Kecamatan Barambai dengan target 100 dosis, di SMAN 1 Handil Bakti Desa Semangat Dalam Kecamatan Alalak sebanyak 200 dosis, di Kantor Kecamatan Jejangkit sebanyak 100 dosis, dan di Kantor Kecamatan Mandastana sebanyak 100 dosis sehingga total vaksinasi yang dilaksanakan mencapai 1.000 orang.

Ari Priyudono mengatakan, tujuan digelarnya vaksinasi untuk mencapai kekebalan (herd immunity) kelompok masyarakat baik yang berkategori sehat terlebih kelompok dengan resiko tinggi, termasuk mereka yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) yang utama untuk dilindungi. Dandim 1005 Batola Ari Priyudono mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas bantuan berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan Serbuan Vaksinasi Dalam Rangka HUT TNI ke-76 di Batola seperti pihak Dinkes Batola, Rumah Sakit Dr R Soeharsono Banjarmasin, serta HIPMI Batola.