Karena masih situasi pandemi, Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) menyerahkan pembagian bonus umrah pemenang Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-52 Tingkat Batola di Kecamatan Belawang dalam bentuk uang tunai. Penyerahan bonus umrah sendiri dilakukan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS di Aula Selidah Kantor Bupati Batola, Rabu (06/10/2021).

Mereka yang mendapatkan terdapat 15 orang terdiri dari 13 pemenang dan 2 dewan hakim dan tim kerja LPTQ dengan nilai bonus masing-masing Rp30 juta. Bonus umrah yang tersedia ini bersumber dari 10 donatur di antaranya anggota DPRD Provinsi Kalsel Hassanudin Murad, Wakil Bupati Barito Kuala H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Batola Saleh, Ketua LPTQ sebelumnya H Abdul Manaf, pengusaha H Rusli, PT Hasnur group, PT Talenta Bumi, PT Adaro Indonesia, Bank Kalsel Cabang Marabahan, dan Direktur PDAM Batola.

Sedangkan Bupati Noormiliyani sendiri memberikan bonus setara umrah kepada 2 pemenang. Selain membagikan bonus pemenang, Bupati juga menyerahkan bonus pembinaan bagi 15 juara MTQ Tingkat Kalimantan Selatan tahun 2021. “Bonus ini tidak ada nilainya dalam pengembangan Tilawatil Qur’an khususnya dalam upaya mewujudkan Batola Cinta Alquran,” ucap Noormiliyani.

Ia berpesan kepada para qori dan qoriah agar semakin meningkatkan prestasinya dengan terus berlatih dan belajar Alquran untuk mencapai ridha Allah. Sebelumnya, Ketua LPTQ Batola H Zulkipli Yadi Noor menyatakan, bonus umrah dengan uang tunai ini diberikan lantaran masih sulitnya kepengurusan umrah akibat masih berlangsungnya pandemi covid-19. “Saya berterimakasih setinggi-tingginya kepada para donatur yang turut membantu pengembangan tilawatil Qur’an di Batola,” ucap lelaki yang juga menjabat Sekdakab Batola ini.

Perwakilan dewan hakim dan penerima bonus Akhmad Supiani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Batola dan para donatur yang telah berkontri busi memberikan bantuan hadiah serta keterlibatannya dalam pengembangan Tilawatil Quran di Batola. “Para qori dan qori’ah di Batola patut bersyukur dan berbangga karena bonus yang diberikan kali ini tergolong terbesar dan pelaksanaannya tergolong termewah di Kalsel,” papar Supiani.