Tim Penggerak Kelompok-kelompok Pemberdayaan Kesejahteran Keluarga (TPK3PKK) Kecamatan Anjir Muara dan Anjir Pasar melakukan pelatihan peningkatan kapasitas anggota di Hotel Rodhita Banjarmasin, Selasa (19/10/2021). Pelatihan yang diselenggarakan selama satu hari ini diikuti 30 peserta yang terdiri dari ketua TP PKK Desa Anjir Muara dan Anjir Pasar. Acara ini dibuka langsung Ketua TP-PKK Barito Kuala (Batola) Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor.

Wanita yang akrab disapa Saras ini dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan ini penting bagi Ketua TP PKK Desa yang notabene isteri kepala desa (kades). “Ibu-ibu adalah publik figur di desa masing-masing yang menjadi contoh masyarakat sehingga sikap, prilaku, hingga cara berpakaian akan menjadi perhatian masyarakat yang harus dijaga, ” ungkap istri Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor.

Materi pelatihan TPK3PKK ini terdiri dari pelatihan kepribadian yang disampaikan langsung Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti, kemudian ada pelatihan tata rias dan table manner. Dalam materinya, Saras menyampaikan ia banyak mendapat masukan dari Bupati Batola Hj Noormiliyani AS dalam membawa diri sebagai isteri pejabat daerah. “Di hadapan masyarakat kita harus selalu terlihat fresh dan bersemangat. Bupati pernah berpesan, apapun permasalah dalam keluarga jangan sampai terbawa saat kita berhadapan dengan masyarakat,” tambah Saras mengutip pesan dari bupati.

Saras juga memberi tips berpakaian yang rapi dan pantas pada acara-acara resmi tanpa terlihat berlebihan. “Baik pakaian maupun dandanan kita tidak boleh terlalu berlebihan, tampil natural saja namun tetap pantas dan sopan,” terangnya.