* 15 dari 17 Kecamatan sudah Zona Hijau

Perkembangan kasus covid-19 di Kabupaten Barito Kuala (Batola) dalam beberapa minggu terakhir menunjukan tren menggembirakan. Kasus aktif yang terjadi terus turun. Pemandangan pasien yang biasanya menghiasi ruang-ruang isolasi, tempat-tempat perawatan serta rumah sakit kini sudah tidak terlihat lagi. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah (Prokopimda) Setda Batola, Hery Sasmita SSTP MAP mengutarakan, hingga Jumat (22/10/2021), jumlah pasien positif covid-19 di Kabupaten Batola tersisa hanya 2 orang

.Kedua pasien tersebut berasal dari 2 kecamatan masing-masing 1 orang dari Kecamatan Mandastana dan 1 orang dari Kecamatan Belawang. Sedangkan 15 kecamatan lainnya telah berada pada zona hijau. “Kita berharap semoga tidak ada lagi penambahan kasus aktif di tempat kita. Sedangkan 2 orang yang masih positif diharapkan bisa sembuh sehingga semua daerah di Batola masuk pada zona hijau,” harap Hery seraya memohonkan doa agar Batola benar-benar terbebas dari sebaran kasus covid-19.

Sementara itu, Berdasarkan peta sebaran, hingga Jumat (22/10/2021), total kasus konfirmasi di Batola mencapai 4.134 kasus yang terdiri dari pasien sembuh 4.075 orang (98,6 persen), meninggal dunia 57 orang (1,4 persen), kasus aktif tersisa 2 orang (0,0 persen).Menjawab pertanyaan mengapa hanya 2 orang sisa kasus aktif PPKM Batola masih berada pada level 3, Kabag Prokopimda yang akrap disapa pak Hery ini menyatakan disebabkan adanya ketentuan vaksinasi.

Ia menerangkan, capaian vaksin di Batola untuk dosis pertama baru sekitar 23 persen, sedangkan dosis kedua sekitar 13 persen. Rendahnya capaian vaksinasi inilah yang membuat Batola yang tadinya sempat berada di level 2 kembali turun ke level 3. Pun demikian, lelaki yang juga menjabat Ketua DPD KNPI Batola optimis Batola akan mampu menurunkan status PPKM dengan digencarkannya penerapan vaksinasi di setiap kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Batola. “Kita optimis saja itu bisa dilakukan sepanjang pasokan vaksin juga lancar,” pungkasnya.