Bersamaan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-93, Kamis (28/10/2021), Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Barito Kuala (Batola) mengukuhkan 17 Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) di daerahnya. Acara pengukuhan yang berlangsung di Aula Selidah Marabahan ini digelar selepas upacara HSP yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Batola.

Terdapat 51 pengurus DPK di 17 Kecamatan yang dikukuhkan.Acara pengukuhan sekaligus orientasi DPK se-Batola ini dilakukan Ketua DPD KNPI Batola Hery Sasmita didampingi Sekretaris DPD KNPI Batola Hamdan Prima dan Bendahara Ade Sofyan Mardan. Prosesi pengukuhan berupa pembacaan surat keputusan disertai penyerahan secara simbolis papan nama DPK KNPI oleh Ketua DPD KNPI Batola Hery Sasmita yang diterimakan DPK Anjir Pasar.

Ketua DPD KNPI Batola Hery Sasmita mengatakan, ketua, sekretaris, dan bendahara DPK terpilih merupakan orang-orang pilihan melalui seleksi yang cukup ketat. “Kita bahkan libatkan seluruh camat masing-masing kecamatan untuk melakukan seleksi terhadap pengurus DPK ini,” ungkapnya.

Hery mengutarakan, untuk kabupaten/kota lain proses pemilihan ketua DPK justru menjadi rebutan. Mengingat anggaran kepemudaan kecamatan dipegang KNPI.“Kalau di tempat kita memang belum. Bahkan bisa dibilang masih merintis setelah sebelumnya sempat vakum,” ucapnya.Kendati begitu, tutur lelaki yang juga menjabat Kabag Prokopimda Setda Batola ini, tidak mengurangi semangat dan motivasi. Bahkan gebrakan dan kegiatan yang dilaksanakan bisa jadi lebih banyak dibanding kabupaten yang lebih dulu aktif.

Pesatnya perkembangan KNPI Batola ini, jelas Hery, tentunya tidak terlepas adanya perhatian luar biasa dari Bupati Batola Hj Noormiliyani AS. Bahkan, di mata bupati organisasi ini sudah dianggap seperti anak sendiri. “Mungkin disebabkan latar belakang beliau yang pernah aktif sebagai pengurus KNPI juga karena menyadari besarnya peran pemuda dalam pembangunan daerah,” paparnya.

Usai pengukuhan, para pengurus DPD KNPI Batola dan Kecamatan melakukan aksi bagi-bagi masker kepada masyarakat dengan menyasar sejumlah kawasan seperti Pasar Marabahan serta perempatan lampu merah Jalan A Yani dan Jalan AES Nasution Marabahan.