Karang taruna merupakan ormas kepemudaan yang dinilai memiliki kepedulian dan perhatian dalam memberikan karya nyata terbaik bagi masyarakat dan daerah. “Karang taruna merupakan organisasi sosial kemasyarakatan pemuda yang diharapkan menjadi pioner dalam membangun nilai-nilai kebersamaan serta rasa persatuan dan kesatuan,” tutur Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) H Rahmadian Noor pada Pembukaan Kemah Bakti Wisata Karang Taruna ke-32 Tingkat Provinsi Kalsel di Lapangan Bola Antar Raya Kecamatan Marabahan, Sabtu (13/11/2021).

Di hadapan seluruh anggota karang taruna se-Kalsel, wabup dalam sambutan bupati mengatakan, karang taruna sebagai tempat berhimpun para pemuda senantiasa meningkatkan dan menguatkan fungsi kelembagaan dan perannya dalam masyarakat. Selain itu, karang taruna juga diharapkan mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki dan menjadi sentral untuk mempercepat pembangunan di samping juga harus terlibat aktif dalam setiap fase pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan.

Sebagai pemuda yang terhimpun dalam ormas kepemudaan, hendaknya juga mampu menunjukan peran dan tugas serta pandai memposisikan diri untuk tampil sebagai mediator dan fasilitator dalam membawa aspirasi pemuda sekaligus menjadi mitra pemerintahan desa dalam menjalankan berbagai program pembangunn. “Karang taruna harus memiliki tujuan yang sama dengan pemerintahan desa yaitu mengatasi berbagai permasalahan desa seperti permasalahan sosial, ekonomi, lingkungan, peningkatan SDM, pembangunan, dan lainnya,” tutur wabup yang akrap disapa Rahmadi ini.

Dengan demikian, lanjut mantan anggota DPRD Batola ini, diharapkan dapat mencetak kader karang taruna yang mandiri, tangguh, dan berjiwa sosial tinggi. Kemah Bakti Wisata Karang Taruna ini juga dirangkai penyerahan bantuan puluhan paket sembako untuk lanjut usia, yatim, dan disabilitas serta dilanjutkan peresmian bedah rumh yang berasal dari kegiatan bakti sosial karang taruna.