Masa purnatugas atau dikenal dengan pensiun merupakan masa pengakhiran tugas bagi pegawai. Masa ini suatu ketika pasti dirasakan oleh semua pegawai. Seperti yang dialami Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Kuala (Kabag Kesra Setda Batola), H Muzakir SSos. Pria ramah ini telah memasuki masa pensiun sejak 1 November 2021 lalu, dan digelar pelepasannya oleh jajaran Setda Batola, Selasa (16/11/2021).

Acara perpisahan yang berlangsung di Aula Mufakat Setdakab Batola ini sekaligus pelaksanaan pelepasan Stefanus Harminggus, Ajudan Sekretaris Daerah (Sekda) Batola, H Zulkipli Yadi Noor, yang pindah tugas ke daerah asalnya, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Rabu (17/11/2021).

Sekdakab Batola H Zulkipli Yadi Noor mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas jasa dan pengabdian selama 38 tahun kepada Muzakir yang menjadi pegawai negeri di lingkungan Pemkab Batola. Sekda yang akrap disapa pak Zul ini mengutarakan semua pasti akan mengalami pensiun, hanya tinggal masalah waktu. Bahkan tidak sedikit pegawai yang belum pensiun justru lebih duluan dipanggil yang maha kuasa.

Pria yang pernah menempuh pendidikan S2 di Belanda ini mengutarakan, digelarnya acara perpisahan ini sebagai bentuk perhatian karena pernah menjadi bagian ketika sama-sama berjuang memajukan daerah. Karena itu, kepada Muzakir, pak Zul mengucapkan selamat memasuki fase baru serta pencapaian hingga memasuki masa purnatugas. Ia berharap segala kebaikan yang ditinggalkan mudah-mudahan dapat diteruskan bahkan lebih ditingkatkan lagi. Sekda atas nama pribadi, keluarga, dan mewakili seluruh ASN juga tak lupa mengucapkan permohonan maaf jika selama bersama terdapat kesalahan dan kekhilafan baik disangaja maupun tak disengaja.

Sementara kepada mantan ajudannya, Stefanus Harminggus, sekda juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas pengabdian selama 2 tahun bergabung di lingkungan Pemkab Batola. Kepada Stefanus, ia berpesan hendaknya terus berusaha melanjutkan pendidikan kendati sudah berdinas di Kabupaten Malinau Provinsi Kaltara. Sekda mendorong mantan ajudannya ini terus sekolah agar mengalami kemajuan, khususnya terhadap karier.

Selama bersama Sekda memuji kepribadian Stef (panggilan Stefanus Harminggus) yang dinilai baik dan tak pernah mengeluh walau pun dirinya tidak pernah memberi apa-apa. “Atas nama pribadi, keluarga dan seluruh ASN saya memohon maaf jika selama bersama terdapat kesalahan maupun hal-hal yang kurang berkenan,” pinta Zul.

Di akhir acara perpisahan, Sekdakab Batola memberikan bingkisan kenang-kenangan kepada keduanya dilanjutkan saling bersalam-salaman dan foto bersama.