* Pembukaan Berlangsung Semarak

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-51 Tingkat Kabupaten Barito Kuala (Batola) yang berlangsung di Kecamatan Anjir Muara secara resmi telah dibuka Bupati Hj Noormiliyani AS, Jumat (06/03/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Anjir Muara ini berlangsung semarak diawali pawai ta’aruf para kafilah dari 17 kecamatan se-Batola. Iring-iringan pawai yang diikuti 1.295 peserta berasal dari 442 qari dan qariah serta 853 pendamping dan penggembira ini berjejer melintasi antara panggung utama dan tempat berdirinya para undangan.

Kirab para kafilah yang diawali Group Drumband Generasi Muda Selidah Marabahan ini menyuguhkan aneka kreasi penampilan dengan seragam yang berbeda-beda. Ada rombongan yang melengkapi penampilan dengan group hadrah dan dashboard wanita berbusana muslim seperti yang dilakukan kafilah dari tuan rumah Anjir Muara.

Ada pula rombongan kafilah kecamatan yang saat melintas menyempatkan memberikan bingkisan khusus kepada Bupati Hj Noormiliyani seperti yang dilakukan dari Kecamatan Marabahan dan Tabukan.

Pembukaan MTQ yang dihadiri Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan isteri Hj Saraswati Dwi Putranti, Pj Sekda H Abdul Manaf dan isteri Hj Fidriana, mantan Sekdakab Batola H Supriyono dan isteri Hj Sri Wahyuningsih, para forkopimda/mewakili, Kepala Kemenag Batola H Rusbandi, para pimpinan SKPD, para camat masing-masing besera isteri, dan para undangan ini selain berisi pengajian ayat suci Alquran dari qori internasional peraih juara II di Libia tahun 2004 asal Banjarmasin H Ahmad Bughdadi SAg MHi.

Yang menarik, pelaksanaan MTQN Tingkat Batola ke-51 di Anjir Muara tahun 2020 ini menyediakan hadiah umrah bagi para juara. Tak tanggung-tanggung hadiah umrah yang disiapkan untuk 15 orang yang terdiri dari 13 untuk peserta pemenang dan 2 untuk dewan hakim dan dewan juri.

Bupati Hj Noormiliyani menerangkan, 15 hadiah umrah yang tersedia berasal dari bantuan pribadi dan perusahaan seperti PT Amanah, PT Talenta Bumi, Hasnur Group, Bank Kalsel Cabang Marabahan, PT Asah dan Asih, PT Adaro, PDAM, H Hasanuddin Murad, H Rahmadian Noor (Wakil Bupati), H Abdul Manaf (Pj Sekda), dan dirinya sendiri.

Karenanya, dalam kesempatan itu ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkenan memberikan bantuan sehingga apa yang diharapkan bisa terwujud. “Hadiah ini juga sesuai permintaan, jadi kita telah mengabulkan permintaan tersebut,” ucapnya.

Noormiliyani berharap hadiah bisa diraih orang-orang yang betul-betul mendambakan, terutama bagi mereka yang belum pernah menyaksikan Baitullah secara langsung.