* Noormiliyani Buka MTQ ke-51 di Anjir Muara

Bupati Hj Noormiliyani AS membuka secara resmi kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran Nasioal (MTQN) ke-51 Tingkat Kabupaten Barito Kuala (Batola) di Kecamatan Anjir Muara, Jumat (06/03/2020) sore.

Kegiatan yang berlangsung di Panggung Utama Halaman Kantor Kecamatan Anjir Muara ini ditandai penekanan sirene dari Bupati Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Pj Sekda yang juga Ketua Umum LPTQ H Abdul Manaf, para anggota forkopimda/mewakili, dan Kakan Kemenag H Rusbandi. Pembukaan juga ditandai pelantikan dewan hakim dan dewan juri dari Bupati Batola Hj Noormiliyani AS di panggung utama MTQ yang berada di halaman Kantor Kecamatan Anjir Pasar.

Pembukaan yang juga dihadiri para pimpinan SKPD, para anggota DPRD, para pimpinan organisasi wanita, para camat beserta isteri dan seluruh lapisan masyarakat ini juga dihiasi pawai kafilah dari 17 kecamatan yang diawali parade drumband.

Pembukaan juga ditandai penyerahan piala bergilir dari Bupati Noormiliyani Ketua Umum LPTQ dan selanjut diserahkan kepada tuan rumah Camat Kecamatan Anjir Muara Jaya Hidayatullah.

Pembukaan MTQ juga berisi pengibaran bendera LPTQ dan persembahan mars MTQ dari paduan suara dari Madrasah Aliyah Mukarram Anjir Muara.

Bupati Batola Hj Noormiliyani saat membuka kegiatan mengatakan, Alquran merupakan penerang hati serta benteng kokoh dalam menahan berbagai godaan yang bisa menyesatkan gelapnya kehidupan bagi generasi.Alquran, sebut mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu, juga merupakan kitab suci yang syarat inspirasi dan motivasi agar umat dapat memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan, penyempurna akhlak serta menciptakan generasi rabbani qurani yang berakhlakul karimah.

Noormiliyani juga mengatakan, MTQ merupakan ajang motivasi untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Alquran. Mengingat dari pelaksanaan masyarakat secara ekspresif bisa menapaki anak tangga untuk membangkitkan kecintaaan kepada Alquran.

“Dari kegiatan yang dilaksanakan ini maka umat Islam di Barito Kuala telah berkontribusi nyata untuk bersama-sama mempercepat terwujudnya Visi Batola Setara,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum LPTQ Batola H Abdul Manaf mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Batola beserta seluruh jajaran yang telah membantu penyelenggaraan sehingga kegiatan dapat terselenggara dengan baik dan lancar sebagaimana yang diharapkan.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Camat Anjir Muara dan seluruh panitia penyelenggara serta semua pihak yang telah bekerja keras dan tak kenal lelah demi suksesnya pelaksanaan MTQ ke-51. Kepada seluruh kafilah, Ketua Umum LPTQ yang juga Pj Sekda Batola itu mengucapkan selamat datang dan selamat bermusabaqah disertai dorongan motivasi ikhlas dan tulus dalam bertanding agar prestasi yang diraih membawa keberkahan dan keridhaan Allah SWT.

Camat Anjir Pasar Jaya Hidayatullah selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan MTQ ini diikuti 442 peserta (229 wanita dan 213 pria) serta offisial dan penggembira 1.290 orang.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Batola H Rusbandi mengatakan, sesuai tema MTQ kali ini “Melalui MTQ ke-51 Tingkat Kabupaten Barito Kuala Kita Bangun Generasi Qurani yang Berakhlak Mulia dan Berprestasi untuk Mewujudkan Batola Setara” ia berharap semoga dengan semangat MTQ semua semakin termotivasi mendorong untuk bersama-sama membangun generasi qurani yang berakhlak mulia dan berprestasi dalam rangka mewujudkan generasi masa depan yang relegius, rukun dan ramah tamah menuju terwujudnya Batola Setara dengan berkat Alquran yang mulia di bawah kepemimpinan Bupati Hj Noormiliyani AS dan Wakil Bupati H Rahmadian Noor beserta jajaran dan seluruh lapisan masyarakat.

Di kesempatan pembukaan ini Rusbandi juga atas nama pribadi dan atas nama Kepala Kantor Kemenag Batola mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada bupati beserta jajaran, pengurus LPTQ, Camat Anjir Muara dan anggota forkopimcam, KUA, tim kerja, panitia pelaksana, serta seluruh lapisan masyarakat dalam menyukseskan pelaksanaan.